Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman mengapresiasi kesiapan Indonesia menatap Olimpiade 2024 Paris.

Hal tersebut disampaikan Marciano Norman saat hadir dalam acara silaturahmi sekaligus forum bertajuk "Menjaga Semangat Kolektif Menuju Merah Putih Berkibar" yang membahas kesiapan Indonesia menuju Olimpiade 2024 Paris.

"Dari sisi persiapan, saya mengucapkan terima kasih dan penghormatan yang tinggi kepada pimpinan induk cabang olahraga, beliau-beliau yang bekerja keras mengantar atlet-atlet untuk bisa lolos Olimpiade," kata Marciano Norman di Jakarta, Senin.

Marciano mengatakan Indonesia berpeluang besar meraih medali emas bukan hanya dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis yang menjadi langganan di beberapa edisi Olimpiade, namun juga melalui cabang olahraga angkat besi, panjat tebing hingga panahan yang saat ini mempunyai atlet-atlet dengan kondisi dan performa terbaik.

“Tradisi medali emas selalu didapatkan bulu tangkis, kita lihat bulu tangkis sedang dalam kondisi baik dan diharapkan puncak performanya di Olimpiade Paris nanti. Kemudian panjat tebing beberapa kali pecahkan rekor dunia, panahan juga kondisinya baik, begitu juga angkat besi,” jelas Marciano Norman.

Saat ini tim Merah Putih telah mengamankan tujuh tiket menuju Olimpiade Paris. Ketujuh atlet yang telah mengantongi tiket ke Paris yaitu, Arif Dwi Pangestu (panahan), Diananda Choirunisa (panahan), Rifda Irfanaluthfi (senam), Fathur Gustafian (menembak), Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing), Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing), dan Rio Waida (selancar).

Baca juga: CdM Indonesia adakan forum bahas kesiapan Indonesia menuju Olimpiade

Kontingen Merah Putih masih berpeluang bertambah dari sejumlah cabang olahraga yang masih menjalani kualifikasi seperti angkat besi, atletik, renang, panjat tebing, bulu tangkis hingga panahan yang masih berlangsung hingga akhir Juni.

Chef de Mission (CdM) Indonesia Anindya Novyan Bakrie enggan memberikan target kepada para kontingen yang akan memperjuangkan bendera Merah Putih berkibar di Paris tersebut.

"Kami di CdM tentu berkoordinasi erat dengan NOC karena ada satgas sendiri untuk kualifikasi dan tentu punya persiapan analisa Olimpiade Paris. Pasti harapan setiap insan Indonesia menginginkan (perolehan medali) lebih baik daripada sebelumnya," ujar Anindya Bakrie.

Baca juga: Pelatih timnas senam kebut latihan fisik Rifda pasca cedera
Baca juga: PBSI harap atlet tetap fokus demi capai performa puncak di Paris

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024