Aspek pemerataan pendapatan merupakan hal penting sekaligus ukuran keberhasilan pembangunan
Surabaya, Jatim (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Akhir Tahun Anggaran 2023 menyebutkan capaian kinerja pemerintah provinsinya mencapai 97,77 persen.

"Dari 11 indikator kinerja utama atau IKU, sebanyak 97,77 persen telah tercapai dan menunjukkan keberhasilan. Capaian kinerja tahun 2023 ini tercatat naik sebesar 0,07 persen dari tahun 2022 yang sebesar 97,70 persen," katanya di hadapan anggota dan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim di Surabaya, Jatim, Senin.

Dari berbagai program yang dijalankan Pemprov Jatim di tahun 2023, di antaranya telah menurunkan angka kemiskinan ekstrem dalam kurun waktu tiga tahun (2020-2023) sebesar 3,58 persen.

Selain itu, Adhy menyebutkan terjadi peningkatan kesejahteraan penduduk dalam konteks ekonomi yang dapat diperlihatkan oleh terjadinya peningkatan pendapatan penduduk suatu wilayah.

"Aspek pemerataan pendapatan merupakan hal penting sekaligus ukuran keberhasilan pembangunan," ujarnya.

Adhy melanjutkan selain 11 IKU yang menunjukkan peningkatan, dari sisi pendapatan daerah, Pemprov Jatim merealisasikan pendapatan daerah tahun 2023 sebesar Rp33,77 triliun atau mencapai 102,87 persen dari rencana.

"Angka ini melampaui dari target yang ditetapkan sebesar Rp32,83 triliun," katanya.

Dari sisi pembelanjaan sesuai Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Provinsi Jatim Tahun Anggaran 2023, belanja daerah yang direncanakan sebesar Rp37,14 triliun tercatat mampu direalisasikan sebesar Rp34,29 triliun atau sekitar 92,33 persen.

Adhy menyebutkan peningkatan kinerja Pemprov Jatim tahun 2023 tersebut merupakan hasil dari kerja bersama.

"Raihan kita semua, wujud bersama, sinergi dan solidaritas semua pemangku kepentingan di Jatim," katanya.

Ia mengungkapkan capaian dari segenap pembangunan yang sudah diraih dan dijalankan bersama merupakan proyeksi masa depan untuk selalu mewujudkan Provinsi Jatim menjadi bagian penting bagi kemajuan Indonesia.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan peran sertanya dalam membangun Provinsi Jatim. Harapan kita di tahun 2024 capaian kinerja Pemprov Jatim bisa terus meningkat," ucap Adhy.

Baca juga: Khofifah: P-APBD Jatim sesuaikan dengan tantangan perekonomian global
Baca juga: Pemprov Jatim alami surplus realisasi anggaran Rp401,78 miliar

Pewarta: Willi Irawan/Hanif Nasrullah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024