Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani mengatakan pihaknya meningkatkan layanan dan menyiagakan petugas untuk memastikan kelancaran pekerja migran Indonesia (PMI) pulang di masa mudik Lebaran tahun ini.

Dalam konferensi pers di Jakarta, Senin malam, Kepala BP2MI Benny mengatakan telah mengeluarkan edaran terkait pelayanan kepulangan PMI menjelang mudik hari raya Idul Fitri demi memastikan para PMI mendapatkan layanan maksimal.

"Ini adalah bentuk kehadiran negara untuk memberikan penghormatan mulia kepada para pahlawan devisa pekerja migran Indonesia. Namun, penanganan secara khusus rutin tentu diberikan kepada para pekerja migran Indonesia baik yang telah selesai masa kontrak bekerja di luar negeri atau yang secara khusus kembali untuk melaksanakan cuti memperingati atau merayakan Idul Fitri," kata Benny.

Dia menyebut akan menyiagakan dan melipatgandakan kekuatan petugas di lapangan pada 23 Balai Pelayanan Pelindungan PMI (BP3MI) di seluruh Indonesia. Petugas juga disiagakan di 8 bandara yang memiliki lounge untuk PMI serta Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang menjadi titik kedatangan tenaga kerja Indonesia.

Baca juga: BP2MI: Sebanyak 9.150 PMI akan kembali ke Indonesia jelang Lebaran

Akan terus disiagakan pula call center selama 24 jam dan pelayanan informasi daring milik BP2MI selama masa mudik Lebaran dan periode kepulangan pada April. Disiapkan pula rumah ramah atau shelter sebagai lokasi transit untuk para PMI yang pulang menuju daerah masing-masing.

"BP2MI akan terus berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga baik di tingkat pusat maupun pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan bagi pekerja migran Indonesia dari ujung rambut sampai ujung kaki, terkhusus dalam rangka kepulangan arus mudik Lebaran pekerja migran Indonesia di tahun 2024," kata Benny.

Menurut data BP2MI diperkirakan akan terjadi kepulangan 9.150 PMI yang didominasi dari 10 negara jelang Lebaran, data itu didasarkan mereka yang kontrak kerjanya berakhir per April 2024.

Baca juga: BP2MI minta pejabat pengawas pekerja migran tunjukkan kinerja terbaik

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024