Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo menyatakan stok pangan pada saat Ramadhan hingga Lebaran dalam kondisi aman dan Polri turut mendukung kelancaran transportasi pengiriman sembako agar tidak terhambat.

"Pak Kapolri juga sudah mendukung bahwa transportasi yang berkaitan dengan sembako tidak akan terhambat," kata Arief usai rapat koordinasi lintas sektor kesiapan Operasi Ketupat 2024 yang diselenggarakan Polri di Jakarta Selatan, Senin.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memberlakukan pembatasan kendaraan angkutan barang sumbu tiga selama pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2024, terkecuali kendaraan angkutan logistik, pangan, ternak, bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji.

Arief mengatakan cadangan pangan pemerintah sangat cukup yang pada saat ini tersedia sekitar 1,2 juta ton beras.

"Kemudian Pak Mendag sudah menyampaikan ada kerja sama antardaerah untuk menjamin ketersediaan pangan," tambahnya.

Baca juga: Bapanas pastikan stabilitas harga dan stok pangan di Kota Jambi

Ia menjelaskan kerja sama pemerintah daerah yang dimaksud, yakni apabila terjadi kenaikan harga pangan karena transportasi antardaerah saat Lebaran mengalami kemacetan maka Kementerian Perdagangan sudah meminta pemerintah daerah mempergunakan bantuan cadangan tidak terduga untuk subsidi ongkos transportasi pangan.

"Jadi, panen untuk bulan ini beras 3,8 juta ton, bulan depan 4,9 ton dari kebutuhan 2,5 juta ton. Jadi, stok kami pastikan cukup," kata Arief.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang turut hadir dalam rakor lintas sektor itu mengimbau masyarakat tidak berlebihan saat membeli bahan pangan.

"Kami mengimbau seluruh masyarakat menjelang Lebaran dan selama bulan suci Ramadhan, bahan pokok ketersediaannya lebih dari cukup, banyak, jadi tidak perlu belanja berlebihan,” katanya.

Baca juga: Mendag: Stok bahan pokok untuk Lebaran 2024 lebih dari cukup

Zulhas, sapaan akrab Mendag, mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir dengan jumlah stok dan harga pangan karena beberapa daerah produsen padi saat ini sudah panen dan sudah ada hampir panen raya.

Begitu pula dengan komoditas cabai dan bawang juga sudah memasuki musim bagus. Kondisi ini berdampak pada harga cabai yang awalnya Rp100 ribu per kilogram, kini sudah turun menjadi Rp35 ribu per kilogram.

"Jadi, insyaallah dari Ramadhan sampai Lebaran harga tidak naik," kata Zulhas.

Baca juga: Kemendag dan Polri koordinasi jaga stabilitas harga dan pasokan bapok
Baca juga: Mentan memastikan pasokan beras kondisi aman hingga Mei


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024