Ho Chi Minh City, Vietnam, (ANTARA/PRNewswire)- Saigon Newport Corporation (SNP) merayakan momen penting ketika memperingati Hari Jadi Ke-35 dan meraih gelar bergengsi "Labour Hero" pada 15 Maret 2024. Ajang ini juga merayakan transformasi SNP sebagai pemimpin industri pelabuhan dan logistik Vietnam.

Transformasi selama 35 tahun

Berdiri pada 15 Maret 1989, berawal dari sebuah terminal tua di Sungai Saigon dengan empat dermaga, sandaran kapal sepanjang 1,2 kilometer dan gudang-gudang usang, SNP terus melakukan peremajaan selama 35 tahun sehingga menjadi tulang punggung infrastruktur maritim Vietnam. Kini, SNP memiliki 28 fasilitas pelabuhan dan jaringan logistik di seluruh Vietnam.

"Selama 35 tahun terakhir, daya tahan SNP telah teruji, dan SNP berhasil mempertahankan tradisi, serta menjalankan misinya," ujar Ngo Minh Thuan, CEO, Saigon Newport Corporation. "Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan kerja sama klien dan perusahaan perkapalan internasional. Kemitraan yang telah terjalin ini sangat berperan dalam kesuksesan kami, serta meninggalkan jejak persahabatan dan kolaborasi."

Pada 1992, di tengah perubahan global yang terjadi dalam aktivitas operasional pelabuhan, SNP menjalankan transisi strategis sebagai operator kapal kontainer sekaligus memegang prinsip utamanya. Langkah strategis ini menempatkan SNP pada jalur pertumbuhan dan ekspansi berkelanjutan, serta menjadi landasan untuk status SNP sebagai pemimpin industri.

Selama bertahun-tahun, SNP melakukan inovasi dalam fasilitas logistik back-end, model induk-anak usaha, serta teknologi canggih seperti TOPX, TOPO, e-Port, dan CRM yang menjamin layanan bermutu tinggi. Lebih lagi, slogan "Come to Saigon Newport - Come to the best quality service" yang digunakan SNP menjadi cerminan dari komitmen kuat pada keunggulan dan kepuasan pelanggan.

Jalur yang ditempuh SNP menuju keberlanjutan

Tanggung jawab lingkungan hidup (environmental stewardship) telah melandasi kegiatan operasional SNP, dan hal ini tecermin dari kemitraan yang terjalin dengan German Agency for International Cooperation (GIZ) dalam proyek "Sustainable port development in the ASEAN region" pada 2015. Dalam sembilan tahun terakhir, selain inisiatif digital dan ramah lingkungan yang komprehensif, SNP sukses meraih berbagai penghargaan, termasuk penghargaan bergengsi "Green Port Award" untuk Tan Cang - Cat Lai Port dan Tan Cang - Cai Mep International Terminal (TCIT). Di sisi lain, SNP juga dinobatkan sebagai "Leader" dalam "Science, Technology, and Innovation (I4.0 Awards)", serta tercantum dalam daftar "top 10 green and sustainable enterprises".

"Sejalan dengan strategi Vietnam untuk membangun ekonomi maritim yang berkelanjutan hingga 2030, SNP selalu berkomitmen pada inovasi dan keunggulan," lanjut Ngo Minh Thuan. "Dengan legasi dan dua kali menjadi pemenang "Labour Hero", SNP selalu bertekad mencapai modernitas, mengantisipasi berbagai tren, serta menanamkan investasi yang penuh terobosan."

Selama bertahun-tahun terakhir, Pusat Litbang SNP telah memberikan nasihat penting, mengarahkan strategi, serta membina aliansi yang menguntungkan. Lebih lagi, jajaran manajemen SNP juga memegang jabatan bergengsi di asosiasi dalam dan luar negeri, termasuk Ho Chi Minh City Logistics Association, Vietnam Logistics Association Nam, ASEAN Port Association, dan Asia Pacific Port Service Systems Council (APSN). Kontribusi SNP terhadap asosiasi-asosiasi ini sangat besar, khususnya solusi-solusi yang meningkatkan efisiensi operasional, konektivitas, digitalisasi, serta logistik hijau.

Jangkauan global, koneksi global

Peran SNP sebagai pionir inovasi dan digitalisasi mendukung statusnya sebagai pemimpin industri. SNP pun terus memodernisasikan kegiatan operasional demi memenuhi standar global sehingga SNP semakin dekat mencapai target ambisius, yakni konektivitas global. Sejumlah lembaga riset pelabuhan telah mengakui efisiensi terminal Tan Cang Cat Lai, bahkan mencantumkannya dalam deretan terminal terbaik di dunia, setara atau melampaui efisiensi pelabuhan ternama seperti Shanghai dan Singapura.

Dalam beberapa tahun terakhir, SNP aktif terlibat dalam asosiasi internasional, menjalankan sejumlah inisiatif untuk pertumbuhan industri di ajang-ajang regional dan global. Kontribusi SNP pada produktivitas, konektivitas, digitalisasi, dan logistik berkelanjutan juga mendapat banyak apresiasi. Pada 2023, SNP berpartisipasi dalam hampir 30 konferensi, pameran, dan promosi dagang di 21 negara, serta memfasilitasi pertemuan dengan pemimpin senior dari mitra-mitra strategis di Singapura, Taiwan, Tiongkok Daratan, dan Eropa.

"Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan berkreasi demi mewujudkan keunggulan dan modernitas, serta mengantisipasi tren-tren baru," ujar Ngo Minh Thuan. "Kami ingin mentransformasi SNP sebagai sebuah merek terkemuka di tingkat regional dan global, serta menjadi konglomerasi terdepan di ekonomi maritim dan sektor logistik Vietnam."

Informasi lebih lanjut tentang Saigon Newport Corporation tersedia di https://saigonnewport.com.vn/en.

Tentang Saigon Newport Corporation (SNP)

Setelah mengalami pertumbuhan dan revolusi selama 35 tahun, SNP telah menjadi perusahaan terkemuka di Vietnam dalam sektor pelabuhan, logistik, dan ekonomi maritim. SNP juga berkembang sebagai merek internasional yang kuat. Dikenal atas inovasi, keberlanjutan, dan layanan luar biasa, SNP terus merombak standar industri dan mendorong konektivitas global.


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024