Jakarta (ANTARA) -
Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo (Bamsoet), mengatakan bahwa semangat brotherhood atau rasa persaudaraan yang kuat dari komunitas otomotif, menjadi modal sosial yang sangat penting untuk merekatkan hubungan dengan masyarakat.
 
Ia menyatakan hal itu guna mengapresiasi komunitas mobil sports Ferrari atau Ferrari Owners Club Indonesia (FOCI) yang melakukan kegiatan sosial di bulan suci Ramadhan, melalui pemberian bantuan uang tunai kepada Yayasan Tunanetra Elfasan dan Rumah Pejuang Kanker Ambu.
 
"Semangat persaudaraan yang tumbuh dan berkembang dalam komunitas otomotif harus dapat dimanifestasikan menjadi semangat dan komitmen kolektif oleh segenap elemen bangsa," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis di laman resmi IMI yang dipantau di Jakarta, Selasa.
 
Ia menjelaskan, Yayasan Elfasan yang diberikan bantuan oleh FOCI, merupakan yayasan pendidikan, pelatihan, serta panti tempat tinggal bagi anak-anak tunanetra yang terletak di daerah Jakarta Timur.
 
Sedangkan Rumah Pejuang Kanker Ambu adalah wadah untuk memberikan fasilitas secara gratis kepada para pejuang kanker, baik tempat tinggal, makan untuk pasien dan pendampingnya ataupun keperluan obat-obatan yang tidak ditanggung Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
 
"Sementara Rumah Pejuang Kanker Ambu merupakan rumah singgah bagi pasien kanker yang tidak mampu, serta sedang berobat ke rumah sakit di Kota Bandung," ujar dia.
 
Bamsoet menambahkan, kegiatan FOCI yang memberikan bantuan sosial merupakan kegiatan positif yang harus terus dibudayakan, sehingga komunitas otomotif bisa lebih peka dengan kondisi sosial atau lingkungan sekitar.
 
Ditambah lagi, Ramadhan merupakan bulan yang tepat untuk memperbanyak kegiatan sosial, sehingga akan semakin memupuk rasa solidaritas antar anak bangsa.
 
Menurut dia, kegiatan itu penting dilakukan karena seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, maka akan berpotensi mengubah paradigma, dinamika, serta kompleksitas berbagai tantangan kebangsaan yang dihadapi.

Oleh karena itu, semangat kebersamaan yang dibangun dalam komunitas otomotif harus menjadi benteng atau manifestasi dari nilai kebangsaan yang harus terus diperjuangkan.

Baca juga: Bamsoet ajak komunitas otomotif bantu pulihkan perekonomian bangsa

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024