Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat. Saat laporan ini dibuat erupsi masih berlangsung
Jakarta (ANTARA) - Gunung Ibu yang berada di barat laut Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara, meletus dan melontarkan abu vulkanik setinggi lebih kurang 2,8 kilometer dari puncak kawah gunung berapi aktif tersebut.
 
Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu Richard Chaniago mengatakan letusan itu terjadi malam ini pukul 21.27 WIT.
 
"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat. Saat laporan ini dibuat erupsi masih berlangsung," ujarnya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.
 
Gunung Ibu merupakan gunung api bertipe stratovolcano yang memiliki ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara.

Baca juga: Gunung Ibu di Maluku erupsi, lontarkan abu vulkanik 2,5 kilometer
 
Puncak gunung merupakan kawah vulkanik. Pusat kawah memiliki lebar 1 kilometer dan kedalaman 400 meter, sedangkan bagian luar memiliki lebar 1,2 kilometer.
 
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat untuk selalu mewaspadai aliran lahar pada sungai-sungai yang berhulu ke puncak Gunung Ibu dan selalu berkoordinasi dengan pos pengamatan gunung api setempat.
 
"Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata)," kata Richard.
 
"Seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong, dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat agar selalu mengikuti arahan dari pemerintah daerah," pungkasnya.

Baca juga: Gunung Ibu erupsi selama 68 detik lontarkan abu vulkanik ke arah barat
Baca juga: Warga diimbau waspada erupsi Gunung Ibu Halmahera Barat

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024