Ada empat jenis bahan pokok yang mengalami kenaikan, berdasarkan laporan sementara tim inflasi daerah
Teminabuan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel), Papua Barat Daya, melaksanakan rapat bersama tim inflasi daerah dalam rangka memantau harga sembilan bahan pokok (Sembako) yang mengalami kenaikan di bulan suci Ramadhan 1445 H.

Bupati Sorsel, Samsudin Anggiluli, di Teminabuan, Selasa, mengatakan tim inflasi akan memantau pergerakan kenaikan harga sembako selama seminggu ke depan dalam rangka menjaga agar pada Idul Fitri nanti tidak terjadi lonjakan harga sembako.

"Ada empat jenis bahan pokok yang mengalami kenaikan, berdasarkan laporan sementara tim inflasi daerah," kata Samsudin.

Ia melanjutkan, dengan kenaikan itu pihaknya akan mencari jalan keluar agar, tidak terjadi lonjakan harga sembako menjelang Idul Fitri.

Sementara itu, Kabid Perdagangan, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindakop) Sorsel, Yupiter Tugerfai, mengatakan setelah melakukan pengawasan di lapangan ditemukan sejumlah sembako mengalami kenaikan harga.

"Kita temukan ada kenaikan harga telur yang sebelumnya Rp65.000 per ram naik menjadi Rp 72.000, sementara cabai besar yang harga sebelumnya Rp60.000 per kilo naik menjadi Rp80.0000 per kilo, begitupun dengan minyak kita yang sebelumnya harga Rp18.000 per liter menjadi Rp19.000 per liter," kata Tugerfai.

Ia melanjutkan, berdasarkan pengakuan distributor, kenaikan sejumlah bahan pokok tersebut disebabkan karena adanya kenaikan harga secara nasional.

"Kita sudah sampaikan kepada distributor dan pedagang agar tidak menaikkan harga barang secara sepihak menjelang hari raya Idul Fitri," kata Tugerfai.

Ia mengatakan, distributor juga mengakui bahwa sejumlah sembako seperti telur, minyak kita, cabai besar dan bawang putih mengalami kekurangan pasokan.

"Pemkab sudah melakukan koordinasi dengan wilayah yang memasukkan sembako agar bisa segera memasukkan sehingga pada Idul Fitri nanti tidak terjadi kenaikan harga akibat ketersediaan kurang," kata Tugerfai.

Baca juga: Pemkab Sorong Selatan perbaiki jalan Sreer-Sisir buka akses masyarakat
Baca juga: Di "Papua Development Summit" sagu alami Sorong Selatan dipromosikan
Baca juga: Perum Damri mendapat hibah tanah dari Pemkab Sorong Selatan


 

Pewarta: Paulus Pulo
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024