Menjelang arus mudik Lebaran, kami menargetkan semua kerusakan jalan pada dua ruas tol tersebut perbaikannya selesai pada H-7 Lebaran.
Palembang (ANTARA) - PT Hutama Karya menargetkan perbaikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) untuk ruas Palembang-Indralaya (Palindra) dan Indralaya-Prabumulih (Indraprabu), Sumatera Selatan rampung pada H-7 Lebaran 2024/1445 Hijriah.

"Menjelang arus mudik Lebaran, kami menargetkan semua kerusakan jalan pada dua ruas tol tersebut perbaikannya selesai pada H-7 Lebaran," kata Branch Manager Tol Palembang-Indralaya-Prabumulih Syamsul Rijal saat diwawancarai, di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa.

Ia menjelaskan pihaknya berkomitmen meningkatkan kualitas jalan tol terkait kenyamanan dan kelancaran operasional jalan tol untuk mendukung jalur mudik dan balik dalam menghadapi libur Lebaran 2024, dengan menyiapkan aspal dingin atau coldmix untuk bersiaga jika terdapat pothole atau lubang.

"Kami juga menyiapkan kartu saldo tunai sebanyak 2.000 kartu, serta mobile reader untuk menghindari kepadatan antrean di gerbang tol dan petugas tol bersiaga selama 24 jam," katanya pula.

Hutama Karya menyediakan lokasi rest area di Km 01, Km 02, dan Km 56 yang dapat digunakan pengguna jalan untuk beristirahat dan parkir kendaraan untuk semua golongan secara gratis, toilet dan petugas rest area siaga selama 24 jam.

"Selain itu, kami juga menyediakan fasilitas pendukung di Rest Area Km 56, seperti SPBU Modular untuk pengisian BBM, klinik, serta ATM mobile," ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya memprakirakan sebanyak 11.000 kendaraan melintasi dua ruas tol tersebut pada saat arus mudik dan balik Lebaran.

Selama perjalanan mudik dan balik Lebaran, Hutama Karya memberikan info penting melalui Variable Message Sign (VMS), media seperti radio dan media sosial terkait kondisi jalan tol dan rest area secara real time.

"Kami mengimbau seluruh pengguna jalan untuk berkendara sesuai dengan tata tertib dan ketentuan yang berlaku di jalan tol, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Pengguna jalan diminta untuk segera beristirahat di tempat istirahat terdekat apabila merasa mengantuk," kata Syamsul pula.
Baca juga: Tol Kapal Betung masuki persiapan groundbreaking ruas Banyuasin
Baca juga: Jalan Tol Palembang-Indralaya tutup sementara pada 26 Oktober 2023

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024