Jakarta (ANTARA) - Mike Trimby akan dinobatkan sebagai legenda MotoGP pada tahun 2024, untuk menghormati kehidupan dan kariernya yang didedikasikan untuk balap sepeda motor selama ini.

Dikutip dari keterangan resmi MotoGP, Rabu, Trimby menjadi tokoh non-pembalap pertama yang dilantik di Hall of Fame, sebagai penghormatan atas kontribusinya di luar jalur pada olahraga ini.

Adapun Trimby adalah pendiri dan CEO IRTA, sehingga menjadi salah satu tokoh terpenting dalam sejarah balap motor grand prix dan memainkan peran penting dalam membentuk olahraga MotoGP saat ini.

Trimby memang memulai karirnya sebagai pembalap dan mekanik pada tahun 1960-an. Namun, ia segera mulai muncul sebagai tokoh kunci di luar jalur dan membuktikan dirinya pada akhir tahun 1970-an.

Pada tahun 1982, para pembalap secara resmi meminta Trimby untuk bertindak sebagai perwakilan mereka, sesuatu yang diresmikan beberapa tahun kemudian dengan berdirinya International Road Racing Teams Association (IRTA) pada tahun 1986, dengan Trimby sebagai pimpinannya.

Sebagai advokasi bagi pengendara dan tim, IRTA tetap menjadi bagian penting dalam olahraga ini. Kemajuan besar dalam bidang keselamatan yang dicapai sejak organisasi ini didirikan sebagian besar berkat kerja keras yang dilakukan oleh Trimby, istrinya Irene, dan IRTA.

Tahun 1992 juga menandai dimulainya kolaborasi besar antara FIM, IRTA dan Dorna Sports, yang juga berkat fondasi yang dibangun oleh IRTA selama satu dekade sebelumnya, sehingga memberikan suara bagi para pembalap dan tim.


Baca juga: Andrea Dovizioso dinobatkan sebagai legenda MotoGP
 

Trimby akan dilantik ke dalam Hall of Fame dalam sebuah upacara pada Grand Prix Inggris di Silverstone.

“Mike akan sangat tersanjung menerima penghargaan bergengsi ini, dan semua orang yang mengenalnya tahu bahwa dia juga tidak akan pernah menduganya,” kata Irene Trimby.

“Ini juga merupakan sesuatu yang sangat istimewa bagi saya, bagi semua orang yang bekerja erat dengannya, dan semua orang yang terus sangat merindukannya. Terima kasih banyak,” ujarnya menambahkan.

CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta, menilai, kontribusi Trimby terhadap balap motor sungguh luar biasa, dan pihaknya merasa bangga dapat menjulukinya sebagai seorang legenda MotoGP.

“Ini akan menjadi suatu kehormatan bagi kami, dan bagi saya, untuk memasukkan Mike ke dalam Hall of Fame. Dia sangat dirindukan dan kami terus berlomba dalam ingatannya,” kata Ezpeleta.

Mike Trimby akan bergabung dengan daftar sesama legenda MotoGP lainnya di Hall of Fame seperti Giacomo Agostini, Kork Ballington, Andrea Dovizioso, Wayne Gardner, Nicky Hayden, Jorge Lorenzo, Daijiro Kato, Angel Nieto, Dani Pedrosa, Kenny Roberts , Kenny Roberts Jr, Valentino Rossi, hingga Casey Stoner.

Baca juga: Max Biaggi dinobatkan sebagai Legenda MotoGP

Baca juga: Jorge Lorenzo resmi sandang gelar Legenda MotoGP


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024