Yerusalem (ANTARA) - Tentara Israel menyatakan pihaknya menewaskan wakil komandan militer Hamas, Marwan Issa dalam serangan udara awal bulan ini, pada Selasa (27/3).

“Malam ini, setelah memeriksa semua informasi intelijen, kami dapat memastikan tewasnya Marwan Issa dalam serangan udara yang kami lakukan sekitar dua minggu lalu,” kata juru bicara militer Israel Daniel Hagari dalam rekaman pidatonya.

''Bersama Marwan Issa, Ghazi Abu Tamaa tewas dalam serangan itu,'' demikian dalam pernyataan tersebut.

Hagari mencatat bahwa Issa adalah wakil Mohammed Deif, komandan keseluruhan Brigade Al-Qassam, sayap militer Hamas, dan salah satu perencana serangan 7 Oktober terhadap Israel tahun lalu.

Issa dan Abu Tamaa tewas dalam serangan yang rumit dan presisi, berdasarkan pengintaian yang diadakan oleh dinas keamanan internal Shin Bet dan intelijen militer, kata Hagari.

Belum ada komentar dari Hamas mengenai pembunuhan Issa.

Media Israel pada 10 Maret melaporkan pembunuhan Issa dalam serangan udara di kamp pengungsi Nuseirat di Gaza tengah.

Klaim tersebut dikonfirmasi Israel pada Selasa malam.

Sementara itu, lebih dari 32.400 warga Palestina telah terbunuh dan hampir 74.800 orang terluka akibat kehancuran massal dan kekurangan bahan-bahan kebutuhan pokok.

Perang Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituntut akibat melakukan genosida di Mahkamah Internasional pada Januari.

Mahkamah Internasional mengeluarkan putusan sela memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida, dan mengambil tindakan untuk menjamin bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Rumah Sakit Al Amal di Gaza lumpuh total akibat pasukan Israel
Baca juga: Israel klaim telah tewaskan wakil komandan militer Hamas di Jalur Gaza

Penerjemah: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024