Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Malang Kota menyiapkan skema alternatif untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas pada saat mudik Lebaran dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Aristianto Budi Sutrisno di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu mengatakan bahwa wilayah Kota Malang merupakan jalur perlintasan pariwisata meskipun tujuan utama para pemudik ke wilayah Kota Batu.

"Sebentar lagi, kami akan melaksanakan Operasi Ketupat Semeru 2024, yang akan ada peningkatan volume kendaraan baik arus mudik dan arus balik," kata Aristianto.

Baca juga: Jembatan Tunggulmas Kota Malang ditutup sementara antisipasi macet

Aristianto menjelaskan, dengan kondisi Kota Malang yang menjadi perlintasan akses jalur pariwisata tersebut, Satlantas Polresta Malang Kota akan melakukan sejumlah upaya antisipasi jika terjadi kepadatan arus lalu lintas khususnya yang mengarah ke wilayah tersebut.

Menurutnya, sejumlah titik utama yang menjadi perhatian jajaran Satlantas Polresta Malang Kota antara lain adalah Simpang Empat Karanglo, yang merupakan titik pertemuan arus lalu lintas menuju wilayah Kota Malang.

"Kami telah membuat tiga alternatif rekayasa," katanya.

Baca juga: Dinkes Kota Malang siapkan ribuan tes antigen untuk antisipasi pemudik

Alternatif pertama, lanjutnya, arus lalu lintas yang keluar dari pintu tol Singosari, Kabupaten Malang dan menuju ke arah barat atau Kota Batu, akan diarahkan ke selatan untuk masuk ke Kota Malang. Arus tersebut akan dilakukan pengaturan oleh personel yang bertugas.

Kemudian, jika skema tersebut masih belum mampu mengurangi kepadatan arus lalu lintas, maka langkah selanjutnya adalah kendaraan yang akan keluar dari pintu tol Singosari, diarahkan ke pintu tol Pakis, Kabupaten Malang.

"Namun, apabila kepadatan masih berlangsung. Maka digunakan alternatif ketiga, yaitu arus lalin diarahkan ke pintu Madyopuro," katanya.

Baca juga: Polres Malang awasi jalur tikus antisipasi pemudik

Wilayah Malang Raya yang merupakan gabungan antara Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu, memiliki persimpangan yang saling bersinggungan. Sehingga, pengaturan arus lalu lintas untuk mengurangi kepadatan dilakukan secara menyeluruh.

Selain itu, lanjutnya, selama pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2024, Polresta Malang Kota akan menyiapkan tiga pos pengamanan dan satu pos pelayanan yang tersebar di wilayah Kota Malang.

Baca juga: Pemkot Malang siapkan titik penyekatan antisipasi pemudik

Pos pengamanan akan dibuka di Simpang Malang Creative Center (MCC) atau di Simpang Tiga Jalan Ahmad Yani-Jalan LA Sucipto, sekitaran wilayah pintu tol Madyopuro dan Simpang Tiga Jembatan Soekarno-Hatta. Pos Pelayanan disiapkan di depan Stasiun Kota Malang.

"Tentunya, kami siap menerima pemudik. Bagi pemudik yang menuju ke Kota Batu, akan kami arahkan. Kami juga mengimbau, untuk selalu tertib berlalu lintas dan patuhi arahan petugas," katanya.

Baca juga: Wali Kota Malang minta PPKM mikro diperkuat antisipasi mudik Lebaran

Pada masa libur Lebaran 2024, Kementerian Perhubungan menyatakan terdapat tren kenaikan perjalanan mudik pada musim Lebaran 2024 sebesar 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang sebanyak 193 juta orang dibandingkan periode yang sama pada 2023.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024