Jika dibandingkan dengan kementerian lain, posisi SAKIP dan RB KKP di atas rata-rata.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengapresiasi kinerja Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam memudahkan pemangku kepentingan ekonomi maritim.

"Ada perbaikan dan pembenahan yang sangat signifikan di KKP. Begitu juga terkait dengan alat ukur baru, yaitu reformasi birokrasi (RB) berdampak berupa peningkatan investasi, penanganan kemiskinan, dan lain-lain," kata Anas dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Berdasarkan perkembangan dari tahun ke tahun, akuntabilitas kinerja terus mengalami KKP perkembangan positif.

Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Indeks RB KKP berada pada kategori A (memuaskan) pada tahun 2023.

Anas berharap perubahan oleh jajaran KKP, baik di pusat maupun daerah, mampu mendorong target kinerja pemerintah sesuai dengan arahan Presiden.

Sepanjang tahun 2014 hingga 2023, terdapat 14 unit KKP yang berhasil memperoleh predikat wilayah bebas korupsi dan satu unit kerja memperoleh predikat wilayah birokrasi bersih melayani.

Baca juga: Menpan RB: Penyusunan LKjPP bentuk tanggung jawab kinerja pada rakyat
Baca juga: Kementerian PANRB terima hasil tinjauan LKjPP dari BPKP


Sementara itu, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan bahwa peningkatan kinerja dalam kementeriannya tidak lepas dari komitmen pelayanan terhadap masyarakat.

"Kami terus selalu inline dengan poin-poin yang menjadi perhatian beliau, bukan hanya dari sisi sumber daya manusia (SDM), melainkan juga soal kinerja dan pelayanan kepada publik. User kami adalah masyarakat," jelas Trenggono.

Sebagai informasi, capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) KKP pada tahun 2023 mengalami tren yang cukup positif.

Penerimaan negara bukan pajak kelautan dan perikanan mencapai Rp1,69 triliun dengan pertumbuhan produk domestik bruto perikanan mencapai sekitar 6,78 persen. Dengan demikian, mampu memberikan kontribusi terhadap pendapatan negara.

Dari sisi pengawasan, KKP berhasil menangkap 269 kapal asing dan kapal dalam negeri yang terlibat praktik illegal unreported unregulated fishing.

Meskipun KKP telah mendapatkan penilaian yang baik dari Kementerian PANRB dan beberapa lembaga lainnya, Trenggono mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya melakukan perbaikan berkelanjutan untuk meningkatkan komponen penilaian RB yang masih rendah atau stagnan.

"Masih ada beberapa catatan yang menjadi pekerjaan rumah kami pada tahun 2024, semoga menjadi lebih baik lagi," tambahnya.

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto menjelaskan bahwa hasil penilaian RB dan SAKIP KKP yang tinggi merupakan dampak dari lonjakan kinerja KKP.

"Jika dibandingkan dengan kementerian lain, posisi SAKIP dan RB KKP di atas rata-rata," pungkas Erwan.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024