Jakarta, Indonesia, (ANTARA/PRNewswire) - NEC Indonesia telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Telkom Indonesia, perusahaan telekomunikasi digital terbesar di Indonesia yang berkomitmen mempercepat digitalisasi Indonesia.

Kedua perusahaan ini sepakat berkolaborasi mengembangkan Smart City di ibu kota negara yang baru, Ibu Kota Nusantara (IKN), dan kota-kota lain di Indonesia. Targetnya, menciptakan lingkungan perkotaan yang lebih berkelanjutan dan layak huni bagi para warga dengan menerapkan teknologi digital dalam sistem pengelolaan perkotaan.

Telkom Indonesia dan NEC Indonesia akan menyusun strategi, peta jalan, desain, dan rencana implementasi Smart City di Indonesia. Fokus utamanya adalah pengembangan kota pintar di IKN yang rencananya segera beroperasi pada 2024. 

"Telkom Indonesia sangat berkomitmen mempercepat digitalisasi di seluruh Indonesia lewat konektivitas, platform, dan layanan digital, khususnya membangun IKN menjadi smart city. Kami gembira berkolaborasi dengan NEC untuk mendukung pengembangan TIK kelas dunia di IKN", ujar Ermono Liman Prabowo, VP Network/IT Strategy, Technology & Architecture, Telkom Indonesia, serta Ketua Satuan Tugas Penyiapan Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Ibu Kota Nusantara (IKN), Telkom Indonesia. 

Telkom Indonesia juga tengah membangun Telkom Smart Office di kawasan IKN guna mendukung pengembangan IKN dengan infrastruktur digital yang lengkap, termasuk konektivitas digital, platform digital, dan layanan digital.

"Sebagai mitra jangka panjang dan tepercaya bagi Telkom Indonesia, NEC mendapat kehormatan atas kesempatan berkolaborasi dalam percepatan pengembangan Smart City di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan kota-kota lain di Indonesia," kata Joji Yamamoto, Presiden Direktur, NEC Indonesia. "Kami memahami bahwa setiap kota memiliki pendekatan dan kebutuhan yang berbeda-beda ketika menciptakan ruang yang layak huni dan berkelanjutan bagi warganya. NEC telah mendukung banyak kota di dunia, khususnya mengatasi tantangan sosial melalui transformasi digital dari sisi tata kelola, lingkungan hidup, masyarakat, dan ekonomi demi memperkaya kehidupan warga kota."

Dengan keahlian global dalam sistem operasi smart city, NEC berkolaborasi bersama Telkom Indonesia untuk mengembangkan arsitektur smart city dan merekomendasikan peta jalan untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) dan kota-kota lain di Indonesia.

Tentang PT NEC Indonesia

NEC pertama kali mendirikan kantor perwakilan di Jakarta pada 1968. Hingga saat ini, PT NEC Indonesia terus berperan penting dalam menyediakan solusi TIK yang inovatif untuk meningkatkan keselamatan, keamanan, dan kualitas hidup individu dan masyarakat. Sebagai penyedia teknologi informasi dan komunikasi terkemuka, PT NEC Indonesia menghadirkan layanan dan teknologi kelas dunia, termasuk jaringan telekomunikasi, solusi identifikasi biometrik, solusi-solusi cerdas bagi Bank dan Penyedia Jasa Keuangan lain, Transportasi Umum dan Logistik, Ritel, Manufaktur, serta aplikasi dan infrastruktur pemerintah dan perusahaan yang mendukung transformasi digital. Informasi lebih lanjut tersedia di http://id.nec.com/.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024