Museum ini sudah kami daftarkan di jejaring museum air internasional
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia segera membuka Museum Air pertamanya di Kabupaten Tabanan, ketika Bali menjadi tuan rumah Forum Air Sedunia (World Water Forum/WWF) pada Mei 2024.

“Museum ini sudah kami daftarkan di jejaring museum air internasional,” kata Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Sumber Daya Air, Firdaus Ali dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Museum yang pembangunannya dimulai sejak tahun 2023 itu berada di atas lahan enam hektare di sekitar area Museum Subak di wilayah Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri.

Pembangunan museum ini bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan Forum Air Sedunia Ke-10 (WFF 2024) di Bali. Kementerian PUPR bertanggung jawab atas penyusunan konsep, desain, dan pembangunan museum ini.

Firdaus menyebut Museum Air di Tabanan ini menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi oleh delegasi WFF 2024, bersamaan dengan salah satu sumber mata air di Bali, yakni Danau Batur.

Forum Air Sedunia Ke-10 diselenggarakan di Bali pada 18–24 Mei 2024 dengan tema “Air untuk Kesejahteraan Bersama”.

Baca juga: Indonesia undang 44 pemimpin negara hadiri Forum Air Sedunia di Bali

Baca juga: PUPR sebut WWF ke-10 ciptakan momentum kerja sama global terkait air


Pemerintah Indonesia mengundang 44 kepala negara/pemerintahan untuk hadir dalam forum tiga tahunan itu.

Firdaus memperkirakan sekitar 50.000 delegasi dari berbagai negara berpartisipasi dalam forum tersebut.

WWF 2024 menghadirkan 290 sesi atau acara paralel yang membahas berbagai tema krusial terkait air, yakni keamanan air dan kemakmuran; air untuk manusia dan alam; pengurangan dan pengelolaan risiko bencana; tata kelola, kerja sama, dan diplomasi air; pembiayaan air berkelanjutan, dan pengetahuan dan inovasi.

Forum ini diharapkan dapat menghasilkan solusi dan komitmen baru untuk menjawab permasalahan air secara global khususnya memastikan pengelolaan air dan sanitasi yang berkelanjutan dan adil.

Baca juga: Menteri PUPR: WWF ke-10 tempatkan isu air di puncak agenda global

Baca juga: PUPR: World Water Forum tingkatkan kesadaran publik terkait air


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024