Kepala BNPB merekomendasikan operasi itu, nah kami harap dapat kepastian melalui surat permohonan dari Gubernur hari ini, sehingga operasi segera dilaksanakan
Jakarta (ANTARA) - Pimpinan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan terkait pelaksanaan operasi modifikasi cuaca di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar), akan dimulai menunggu permohonan dari gubernur. 

“Kepala BNPB merekomendasikan operasi itu, nah kami harap dapat kepastian melalui surat permohonan dari Gubernur hari ini, sehingga operasi segera dilaksanakan,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, operasi modifikasi cuaca atau TMC itu penting karena merupakan bagian dari program skala prioritas untuk penanggulangan dampak bencana banjir dan tanah longsor di Cipongkor, Bandung Barat.

Berdasarkan hasil kajian BNPB bersama BMKG, BRIN, dan instansi terkait lainnya, hanya melalui TMC sejauh ini yang dinilai paling efektif untuk mengendalikan curah hujan.

Baca juga: BNPB siapkan modifikasi cuaca, permudah evakuasi longsor Bandung Barat

“Kemudian setelah intensitas hujan bisa dikendalikan maka pencarian korban hilang dan penanganan dampak pasca-bencana banjir dan tanah longsor di Cipongkor juga bisa berjalan maksimal,” katanya. 

Sejak bencana melanda Cipongkor pada Minggu (24/3), ada 10 korban yang dilaporkan hilang, namun karena sulitnya akses ke lokasi dan ditambah hujan intensitas sedang hingga deras yang terus mengguyur, maka baru empat korban yang berhasil ditemukan hingga Rabu (27/3).

TIM DVI Kepolisian Daerah (Polda) Jabar mengidentifikasi keempat korban tersebut adalah seorang anak berinisial KS (4), N (8) dan, IB (50), dan LS (33). Jasad keempat korban ditemukan tim SAR gabungan tertimbun material longsor pada sektor A atau sekitar 30 meter dari pemukiman.

“Sehingga masih ada enam orang korban lagi yang hilang dan diharapkan bisa ditemukan sebelum masa tanggap darurat pekan pertama ini berakhir pada Rabu (3/4),” katanya. 

Baca juga: BPBD Jabar-SAR fokus cari 10 warga tertimbun longsor di Bandung Barat

Selain itu Abdul pun menyebutkan kondisi cuaca juga mempengaruhi kelancaran proses penyaluran bantuan logistik makanan, pakaian, dan air bersih, untuk korban di pengungsian selama beribadah puasa Ramadhan ini.

Tim petugas gabungan harus mengangkut bantuan itu secara manual ke tempat pengungsian yang berjarak hampir satu kilometer, karena kendaraan tidak bisa melintas setelah sebagian besar akses jalan becek berlumpur.

Setidaknya hingga Kamis pagi ada 1.610 orang mengungsi ke tempat pengungsian yang disiapkan, masing-masing 527 orang warga Cipongkor, dan 1.083 orang warga di Rongga.

Baca juga: SAR optimalkan fungsi pompa alkon cari korban banjir di Bandung Barat

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024