Beijing (ANTARA) - Kementerian Perdagangan China akan terus mendorong keterbukaan tingkat tinggi dan memperluas impor barang konsumsi berkualitas tinggi, demikian disampaikan oleh seorang pejabat pada Rabu (27/3).

Data bea cukai menunjukkan bahwa China mengimpor barang konsumsi senilai 1,95 triliun yuan (1 yuan = Rp2.193) atau sekitar 274,65 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.853) pada 2023, naik 1,2 persen dari tahun sebelumnya, kata Xu Xingfeng, direktur departemen operasi pasar dan promosi konsumsi di kementerian itu.

Data awal menunjukkan bahwa total nilai impor retail e-commerce lintas perbatasan mencapai 141,77 miliar yuan pada 2023, naik 7 persen secara tahunan (year on year/yoy), katanya.

Kementerian tersebut akan meningkatkan lebih jauh level fasilitasi perdagangan impor, memanfaatkan secara penuh peran pameran konsumen sebagai platform dan meningkatkan kemudahan dari pertukaran personel bisnis lintas perbatasan di tengah upaya untuk membangun pasar superbesar China menjadi pasar besar yang dimiliki bersama oleh dunia, lanjutnys.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024