Paris (ANTARA) - Taman Bumi (Geopark) Gunung Changbaishan, bersama dengan lima taman bumi di China lainnya, dinobatkan sebagai Taman Bumi Global oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) pada Rabu (27/3).

Lima taman bumi lainnya yang ditetapkan sebagai Taman Bumi Global oleh UNESCO adalah Taman Bumi Ngarai Besar Enshi-Gua Tenglongdong, Taman Bumi Linxia, Taman Bumi Longyan, Taman Bumi Wugongshan, dan Taman Bumi Xingyi .

"Dewan Eksekutif UNESCO telah mengesahkan penambahan 18 situs ke dalam jaringan Taman Bumi Global UNESCO. Ini menambah total taman bumi menjadi 213 di 48 negara," urai badan PBB yang berbasis di Paris tersebut dalam sebuah pernyataan.
 
Seorang anak berpose untuk difoto dengan latar belakang Danau Tianchi di Gunung Changbaishan di Provinsi Jilin, China, pada 17 Agustus 2015. (Xinhua/Xu Chang)     

Salah satu situs yang baru ditetapkan tersebut adalah Taman Bumi Gunung Changbaishan yang terletak di Provinsi Jilin, China timur laut. Taman bumi itu memiliki bentang alam yang mencolok dan jenis batuan yang beragam, yang mendokumentasikan berbagai fase erupsi vulkanik yang signifikan.

"Erupsi milenium", yang terjadi sekitar 1.000 tahun silam, merupakan salah satu erupsi vulkanik terbesar dalam sejarah modern dan meninggalkan dampak berkepanjangan, menciptakan akumulasi piroklastik khusus yang memiliki signifikansi internasional.
 
     Foto yang diambil dari udara pada 25 Agustus 2023 ini menunjukkan pengunjung di taman geologi Wanfenglin di Kota Xingyi, Prefektur Otonomi Qianxinan Buyi dan Miao, Provinsi Guizhou, China. (Xinhua/Yuan Fuhong)
 
Sebuah foto udara yang diambil pada bulan Oktober 2002 memperlihatkan "rumah-rumah bumi" masyarakat Hakka di Longyan, Provinsi Fujian, China. (Xinhua/Chen Zhonghe)

Lima situs yang baru ditetapkan oleh UNESCO lainnya yaitu Taman Bumi Ngarai Besar Enshi-Gua Tenglongdong di Provinsi Hubei, Taman Bumi Linxia di Provinsi Gansu, Taman Bumi Longyan di Provinsi Fujian, Taman Bumi Wugongshan di Provinsi Jiangxi, dan Taman Bumi Xingyi di Provinsi Guizhou.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024