Istanbul (ANTARA) - Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. pada Kamis bersumpah akan membalas China dalam sengketa Laut China Selatan dimana kedua negara maritim yang bertetangga itu terlibat perselisihan di tengah klaim yang tumpang tindih.

“Selama minggu-minggu berikutnya, akan ada, yang dilaksanakan oleh badan-badan dan lembaga-lembaga pemerintah nasional yang relevan, sebuah paket balasan dan tindakan penanggulangan yang proporsional, disengaja, dan masuk akal." kata Marcos pada X.

Menurut Marcos hal ini untuk menghadapi tindakan yang terbuka, tidak henti-hentinya, dan ilegal, koersif, agresif, dan serangan berbahaya yang dilakukan oleh Penjaga Pantai dan Milisi Maritim China.

Pernyataan Marcos muncul setelah Penjaga Pantai China mencoba memblokir pasokan Manila menuju ke kapal perangnya yang dilarang terbang, BRP Sierra Madre, di perairan yang disengketakan di lautan luas. Beijing telah menggunakan meriam air terhadap kapal-kapal Filipina untuk menghentikan mereka mencapai kapal yang berkarat tersebut.

Manila mengatakan personel mereka terluka dan kapal-kapal mengalami kerusakan.

Kedua negara maritim bertetangga itu memiliki klaim yang bertentangan atas Second Thomas Shoal – juga dikenal sebagai Ayungin Shoal, Bai Co May, dan Ren'ai Jiao yaitu terumbu karang terendam di Kepulauan Spratly di Laut Cina Selatan.

Tanpa menyebut nama negara atau organisasi apa pun, Marcos mengatakan Manila “terus berkomunikasi dengan perwakilan sekutu, mitra, dan teman terkait di komunitas internasional.”

"Mereka telah menawarkan bantuan kepada kami pada apa yang ingin dilindungi Filipina dan mengamankan kedaulatan, hak kedaulatan, dan yurisdiksi kami sekaligus memastikan perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik,” kata presiden Filipina tersebut.

Pernyataan Marcos juga muncul setelah Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berbicara dengan rekannya dari Filipina yang menegaskan kembali komitmen Washington terhadap perjanjian pertahanan bersama dengan Filipina dan mengkritik penggunaan meriam air oleh China serta gangguan terhadap misi pasokan Filipina selama akhir pekan sebagai hal yang “berbahaya".

“Saya telah memberikan persyaratan kami kepada mereka dan kami yakin bahwa persyaratan tersebut akan dipenuhi,” tambah Marcos.

Presiden Filipina itu menekankan bahwa Manila “tidak ingin berkonflik dengan negara mana pun, terlebih lagi dengan negara-negara yang mengaku-ngaku sebagai teman kami, namun kami tidak akan diam, tunduk, atau pasrah.”

“Orang Filipina tidak menyerah,” tambahnya.

Sementara itu, China pada Kamis mengatakan pihaknya tidak akan membiarkan Manila “bertindak seenaknya,” lapor media pemerintah.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Wu Qian menuduh Filipina melakukan “pelecehan dan provokasi” dan mengatakan tindakan tersebut adalah “penyebab langsung meningkatnya masalah Laut Cina Selatan baru-baru ini.”

“Mengandalkan dukungan kekuatan eksternal,” Wu mengklaim pihak Filipina telah “melanggar” hukum internasional dan semangat Deklarasi Perilaku Para Pihak di Laut Cina Selatan.

Manila “sering melanggar kedaulatan China, melakukan provokasi dan menciptakan masalah, serta menyebarkan informasi yang salah untuk menyesatkan masyarakat internasional,” ujarnya, menanggapi pernyataan AS dan Filipina yang menyalahkan pihak China karena menghalangi misi pasokan ke kapal perang yang dilarang terbang.

Sumber: Anadolu
Baca juga: China desak Filipina hentikan provokasi di Laut China Selatan
Baca juga: China tegaskan AS tidak berhak ikut campur di Laut China Selatan
Baca juga: Jerman serukan diplomasi dan deeskalasi di Laut China Selatan

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024