Teheran (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan tidak ada solusi lain selain dialog untuk krisis Suriah.

Dia membuat pernyataan dalam pertemuan dengan rekannya dari Turki, Menteri Luar Negeri Ahmet Davutoglu, Jumat malam .

Dalam pertemuan tersebut, Zarif menekankan pandangan Iran yang berprinsip pada perlunya untuk menyelesaikan krisis Suriah melalui diplomasi dan perundingan Suriah-Suriah.

Dia mengatakan, sekarang setelah berlalu dari waktu yang lama semua pihak telah sampai pada kesimpulan bahwa cara-cara militer tidak akan membantu menyelesaikan krisis di Suriah, tetapi menambah masalah ekstremisme sektarian di wilayah tersebut, yang merupakan bahaya bagi seluruh dunia serta kawasan.

Meninjau hubungan bilateral di bidang politik dan ekonomi terutama di sektor energi dan transportasi, ia menekankan perlunya memanfaatkan semua potensi kedua negara untuk meningkatkan hubungan.

Zarif menjelaskan keinginan pejabat Iran dan Turki untuk meningkatkan kerja sama di semua bidang, yang juga dianggap sebagai dukungan yang signifikan untuk memperluas hubungan.

Davutoglu menunjuk kepada hubungan bersejarah antara kedua negara dan menekankan pentingnya kelanjutan pertukaran delegasi.

Zarif tiba di Istanbul pada Jumat pagi untuk bertemu dengan Presiden Abdullah Gul dan menyampaikan pidato di Konferensi Paguash sebelum berangkat ke Ankara, demikian OANA.
(H-AK)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013