"Hujan deras disertai angin belakangan waktu ini tak jarang menimbulkan bencana. Maka warga perlu waspada dengan tanda-tanda kemunculan bencana,"
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengimbau masyarakat segera melapor ke instansi terkait jika menemukan kondisi infrastruktur wilayah yang rawan terkena bencana.

"Hujan deras disertai angin belakangan waktu ini tak jarang menimbulkan bencana. Maka warga perlu waspada dengan tanda-tanda kemunculan bencana," ungkapnya di Cibinong, Jumat.

Rudy meminta masyarakat tidak ragu melapor kepada instansi terkait apabila bencana mulai muncul. Masyarakat bisa melapor kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran (Damkar), dan lain-lain.

"Nantinya mereka (instansi terkait) akan melakukan asesmen kebencanaan untuk melihat potensi bencana di wilayah tersebut," ujar Rudy.

Ia juga meminta masyarakat lebih waspada lagi terhadap bencana terutama bagi yang tinggal di wilayah rawan seperti bantaran tebing dan sungai.

"Selalu waspada karena bencana bisa terjadi kapan saja. Tetap tenang dan evakuasi diri dan orang sekitar begitu bencana mulai muncul," kata dia.

Rudy meminta orang tua juga waspada terhadap anaknya agar tidak bermain sembarangan. Salah satunya berenang di sungai yang sewaktu-waktu bisa meluap karena hujan.

"Untuk orang tua tolong diperhatikan betul anak-anaknya. Jangan sampai mereka bermain di tempat yang berbahaya seperti sungai dengan aliran yang deras," tuturnya.

Di samping itu, Rudy mengapresiasi petugas SAR yang dengan sigap bertindak saat bencana tiba. Ia meminta agar mereka terus berupaya maksimal memberi pelayanan kepada masyarakat.

"Petugas SAR gabungan harus tetap semangat dan konsisten. Terima kasih karena telah memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat," ujar Rudy.
 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024