Kami memastikan pasokan terjamin, dan tidak ada kelangkaan untuk mendapatkan isi ulang meskipun di tengah momen libur Lebaran
Batam (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Kepulauan Riau (Kepri) menyebutkan 357 pangkalan Liquified Petroleum Gas (LPG) siaga di wilayah setempat saat momen mudik Lebaran 2024.

Sales Area Manager Pertamina Patra Niaga Kepri Bagus Handoko di Batam, Sabtu mengatakan pihaknya memastikan pasokan LPG subsidi 3 kg tersedia dengan memantau dan mengawasi, serta meminta laporan langsung dari setiap agen dan pangkalan gas.

"Terutama untuk gas elpiji 3 kilogram (kg). Kami memastikan pasokan terjamin, dan tidak ada kelangkaan untuk mendapatkan isi ulang meskipun di tengah momen libur Lebaran," kata Bagus.

Ia menyampaikan permintaan LPG subsidi diprediksi menurun 15 persen dari penjualan normal, LPG non-subsidi turun 26 persen dan LPG untuk rumah tangga turun 16 persen.

"Pada saat periode Hari Raya Idul Fitri mendatang, sektor produksi diprediksi libur di hari-hari tertentu, sehingga kebutuhan akan LPG juga akan turun drastis," ujar dia.

Dengan begitu, Pertamina menjamin tidak ada kelangkaan pasokan, sehingga masyarakat diimbau agar tidak melakukan aksi borong terhadap gas LPG.

"Pada intinya, semua sudah disiapkan, ko berharap ini berjalan sesuai dengan prediksi ini," kata Bagus.

Bagus menyebutkan pihaknya telah membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) untuk memastikan pendistribusian dan ketersediaan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG bagi masyarakat di Kepri aman saat Ramadhan dan Idul Fitri 2024.

Sebelumnya, Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memastikan pendistribusian dan pasokan energi bagi masyarakat di Kepulauan Riau (Kepri) berjalan lancar dan cukup, jelang mudik lebaran 2024.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Susanto August Satria, dalam keterangan yang diterima di Batam, Selasa mengatakan untuk memastikan hal tersebut berjalan dengan baik, pihaknya membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2024 mulai 25 Maret - 21 April.

"Kami memastikan stok dan distribusi energi dalam kondisi aman di Kepri, selain itu kami pastikan kondisi sarana fasilitas yang ada di FT (Fuel Terminal), IT (Integrated Terminal), AFT (Aviation Fuel Terminal) dan lokasi lainnya dalam kondisi aman dalam beroperasi," kata Satria.

Adapun beberapa upaya Pertamina dalam pengamanan penyaluran BBM dan LPG di antaranya, peningkatan stok BBM dan LPG di terminal BBM dan lembaga penyalur, menambah mobil tangki, membentuk posko satgas, serta menyediakan layanan khusus.

Baca juga: DPRD Kepri minta satgas pangan menjaga pasokan elpiji selama Ramadhan
Baca juga: Beli gas LPG 3 kg pakai KTP, Pertamina pastikan NIK warga Batam aman

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024