Beijing (ANTARA) - Tingkat industrialisasi paten penemuan yang dipegang oleh perusahaan-perusahaan China telah melampaui 50 persen untuk pertama kalinya, demikian disampaikan badan regulator kekayaan intelektual (intellectual property/IP) tertinggi China pada Jumat (29/3).

Tingkat industrialisasi pada 2023 telah mencapai 51,3 persen, naik 3,2 poin persentase dari tahun sebelumnya. Angka ini mempertahankan tren kenaikan yang konsisten selama lima tahun berturut-turut, kata Ge Shu, seorang pejabat senior di Administrasi Kekayaan Intelektual Nasional China (China National Intellectual Property Administration/CNIPA), mengutip data dari laporan paten terbaru negara itu.

Ge menyoroti bahwa tingkat industrialisasi paten di perusahaan teknologi tinggi juga meningkat. Dia mengatakan tingkat industrialisasi di perusahaan teknologi tinggi tingkat negara telah mencapai 57,6 persen pada 2023, atau 1,5 poin persentase lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Perusahaan memainkan peran penting dalam mendorong inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi serta transformasi industri, yang berfungsi sebagai sumber utama dari output dan komersialisasi paten China. Menurut Ge, perusahaan-perusahaan China saat ini memegang lebih dari 70 persen paten penemuan yang efektif di negara tersebut, dengan jumlah total paten yang dimiliki oleh perusahaan melebihi 3 juta.

Ge juga menyebutkan bahwa perusahaan-perusahaan tertentu, khususnya perusahaan kecil dan menengah, masih menghadapi tantangan dalam mengubah paten menjadi produk dan mencapai industrialisasi.

Secara khusus, pemerintah China belum lama ini merilis rencana yang bertujuan untuk meningkatkan kebijakan pendukung industrialisasi paten di kalangan perusahaan kecil dan menengah. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024