Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan menghibur anak binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I A Palembang dengan menghadirkan orang tua mereka saat berbuka puasa pada bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

"Sepanjang bulan puasa Ramadhan ini orang tua anak didik pemasyarakatan (andikpas) LPKA Palembang secara bergiliran diizinkan datang dan membawa makanan/minuman kesukaan anak-anak mereka sekaligus berbuka puasa bersama," kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, untuk memberikan kesempatan kepada anak binaan menikmati bulan puasa bulan penuh berkah ini, diberikan perlakuan istimewa bisa berbuka puasa bersama orang tuanya.

Bagi orang tua yang akan berbuka puasa dengan anak mereka yang menjalani pembinaan di LPKA Palembang silakan datang membawa makanan sendiri dengan mematuhi aturan yang berlaku.

"Para orang tua andikpas bisa memasakkan makanan kesukaan anak mereka untuk mengobati kerinduan anak-anak dan orang tua mengenang momentum berbuka puasa bersama," ujarnya.

Dia menjelaskan, kehadiran orang tua para andikpas itu diharapkan dapat meningkatkan semangat ibadah bagi anak binaan LPKA selama bulan Ramadhan yang pembinaannya difokuskan dengan berbagai kegiatan kerohanian.

Selama bulan puasa digelar pesantren kilat, pengajian, shalat tarawih berjamaah, dan ceramah agama, di samping kegiatan pembinaan lainnya seperti keterampilan kerajinan tangan, dan membuat kue.

Pembinaan keterampilan membuat kue bagi andikpas LPKA Kelas I Palembang didukung tim Asosiasi Pengusaha Kue dan Kuliner (Aspenku) Sumsel, kata Kakanwil Ilham.

Sementara orang tua salah seorang andikpas, Rosidi, mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya dan
Kepala LPKA Kelas l A Palembang Tetra Destorie yang telah memberikan kesempatan berbuka puasa bersama dan bercengkerama dengan anaknya dalam suasana puasa Ramadhan.

"Momentum berbuka puasa bersama ini merupakan sesuatu kegiatan yang sangat dinantikan untuk mengobati kerinduan dengan anak yang menjalani pembinaan di LPKA Palembang ini," ujarnya.

Baca juga: 100 narapidana Lapas Perempuan Pontianak ikuti program khatam Al quran

Baca juga: Lapas Perempuan Kendari fokus program One Day One Juz

 

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024