Jakarta (ANTARA) - Bayer Leverkusen meraih kemenangan secara dramatis 2-1 atas Hoffenheim dalam lanjutan pekan ke-27 Bundesliga musim 2024/24 di BayArena pada Sabtu malam (30/4) WIB.
 
Sempat tertinggal lebih dulu, tim asuhan Xabi Alonso sukses mengamankan tiga poin berkat dua gol di penghujung laga. Leverkusen pun menjadi satu-satunya klub yang belum terkalahkan di liga top Eropa musim 2023/24, dengan mencatatkan 39 pertandingan berturut-turut tanpa kekalahan.
 
Kemenangan ini juga membuat Leverkusen semakin nyaman di puncak klasemen sementara Bundesliga dengan 73 poin, sedangkan Hoffenheim ada di urutan sembilan dengan 33 poin.
 
Bermain di kandang, Leverkusen berupaya untuk mencetak gol cepat. Tembakan jarak jauh dari Granit Xhaka pada menit ke-11 masih bisa digagalkan kiper Hoffenheim, Oliver Baumann.
 
Meski sering ditekan, tim tamu berhasil mencetak gol pembuka pada menit ke-33. Sebuah kerja sama apik dituntaskan Maximilian Beier dengan sepakan yang gagal dihentikan oleh kiper Lukas Hradecky. Leverkusen tertinggal 0-1.
 
Gol tersebut membuat Hoffenheim bersemangat, bahkan mereka hampir mencetak gol kedua. Namun, tendangan Andrej Kramaric pada menit ke-40 dari luar kotak penalti bisa diamankan Hradecky. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.
 
Pada babak kedua, Leverkusen makin agresif dalam menekan menekan Hoffenheim. Sejumlah peluang dari sundulan Piero Hincapie, tembakan jarak dekat Wirtz dan percobaan Alex Grimaldo masih belum mampu menaklukkan Baumann.
 
Kerja keras Leverkusen akhir membuahkan hasil menjelang laga usai. Lewat sepak pojok, Robert Andrich menuntaskan umpan Jonathan pada menit ke-88 untuk membobol gawang Baumann. Skor 1-1.
 
Seperti tidak ingin laga berakhir imbang, Leverkusen berhasil mencetak gol kedua mereka pada menit ke-91.
 
Patrik Schick menuntaskan umpan silang Nathan Tella dengan sontekan jarak dekat yang tidak bisa dibendung Baumann. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai.
 
Susunan pemain

​​​​​​​Bayer Leverkusen (3-4-2-1): Lukas Hradecky, Edmond Tapsoba (Josip Stanisic 86'), Jonathan Tah, Piero Hincapie (Borja Iglesias 72'), Jeremie Frimpong (Nathan Tella 86'), Robert Andrich, Granit Xhaka, Alex Grimaldo, Jonas Hofmann (Amine Adli 58'), Florian Wirtz, Patrik Schick.
 
Hoffenheim (5-3-2): Oliver Baumann, Tim Drexler, Florian Grillitsch, Ozan Kabak, David Jurasek, Umut Tohumcu (Dennis Geiger 73'), Anton Stach, Pavel Kaderabek, Andrej Kramaric (Grischa Promel 58'), Maximilian Beier (Ihlas Bebou 73'), Wout Weghorst (Marius Bulter 78').

Baca juga: Victor Boniface akan kembali perkuat Leverkusen di semifinal DFB-Pokal

Baca juga: ​​Klopp paham Xabi Alonso pilih bertahan bersama Leverkusen

Baca juga: Xabi Alonso umumkan bakal tetap latih Bayer Leverkusen musim depan

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024