Jakarta (ANTARA) - Pemblap Ferrari Charles Leclerc mengaku tidak khawatir dengan masa depan rekan satu timnya, Carlos Sainz, yang akan hengkang dari tim pada tahun 2025.

Adapun Sainz, yang baru saja memenangkan Grand Prix Australia, keluar dari tim kuda jingkrak untuk merelakan kursinya kepada juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton. Hal itu pun membuatnya masih belum memiliki tim baru untuk musim depan.

“Saya pikir semua orang tahu nilai Carlos di paddock saat ini,” kata Leclerc, dikutip dari laman resmi Formula 1, Minggu.

“Dia adalah salah satu pembalap dengan rating tertinggi di paddock dan dia sangat kuat setiap kali berada di mobil Formula 1. Dia telah menunjukkannya berkali-kali, jadi menurutku dia tidak bisa diremehkan karena hal itu,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Ferrari tak ingin cepat berpuas diri setelah kemenangan GP Australia

Setelah memulai perjalanannya musim ini dengan naik podium bagus di Bahrain, Sainz absen pada putaran berikutnya di Arab Saudi karena radang usus buntu dan operasi.

Namun, dua minggu setelahnya, ia kembali bersaing di barisan terdepan dan memenangkan GP Australia di Melbourne, tepat di depan Leclerc dan mantan rekan satu timnya, Lando Norris (McLaren).

Pembalap Spanyol itu pun berada di urutan keempat dalam klasemen pembalap setelah tiga seri pembuka, dan hanya terpaut 11 poin dari pemimpin klasemen Max Verstappen (Red Bull).

Lebih lanjut, Leclerc pun mengaku yakin bahwa Sainz kini tengah berbicara dengan sejumlah ketua tim balap untuk menentukan masa depan kariernya di balap mobil kelas premier ini.

“Saya telah mengatakan berkali-kali bahwa saya tidak terlalu khawatir tentang masa depannya, karena saya yakin banyak sekali ketua tim … yang berbicara dengannya! Dan saya yakin dia akan memiliki banyak peluang. Dia hanya harus membuat pilihan terbaik untuk kariernya,” kata pembalap Monaco itu.

Di sisi lain, Norris menambahkan bahwa tidak ada alasan bagi siapa pun untuk menganggap dia diremehkan saat ini, termasuk Sainz dengan performa gemilangnya.

“Saya pikir bagi orang-orang yang mengenalnya, mengetahui apa yang mampu dia lakukan, mengetahui tingkat usahanya, pendekatan dan dedikasinya untuk ingin menjadi salah satu yang terbaik, persis seperti yang dia buktikan selama beberapa minggu terakhir,” kata Norris.

“Menurut saya, sepanjang tahun ini, dia terbukti menunjukkan peningkatan dari apa yang dia capai tahun lalu,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Sainz berpeluang kembali berkompetisi dalam GP Australia pascaoperasi
Baca juga: Sainz absen di GP Arab Saudi, digantikan pembalap F2 Ferrari


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024