Langkah ini mendukung interkoneksi dan interoperabilitas antara Bank DKI dan Bank BRI untuk memperluas akses layanan keuangan.
Jakarta (ANTARA) - PT Bank DKI (Bank DKI) dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) resmi memperluas layanan keuangan digital melalui dukungan teknologi PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin).

Direktur Komersial Jalin Eko Dedi Rukminto mengatakan, dukungan teknologi itu berupa fitur Cardless Cash Withdrawal (CCW) yang memungkinkan nasabah Bank DKI untuk melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu di ribuan ATM BRI.

"Langkah ini mendukung interkoneksi dan interoperabilitas antara Bank DKI dan Bank BRI untuk memperluas akses layanan keuangan," ujar Eko dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu.

Hal ini diwujudkan dalam momen penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang diwakili oleh Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono, Funding & Retail Payment Strategy Division Head BRI Andreas Hassim, serta Direktur Komersial Jalin Eko Dedi Rukminto.

Baca juga: Bank DKI mudahkan wisata di Jakarta melalui JakCard untuk transportasi

Eko mengatakan, manfaat dari inisiatif ini sangat signifikan bagi kedua belah pihak.

Bank DKI akan mendapatkan keuntungan dalam hal perluasan layanan kepada nasabah, peningkatan kualitas layanan yang mereka tawarkan, serta penguatan hubungan dengan nasabah yang sudah ada.

Hal ini juga memungkinkan Bank DKI untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan keunggulan kompetitif dalam industri perbankan sembari aktif melakukan ekspansi di luar wilayah Jabodetabek.

Sementara itu, BRI juga akan mendapat manfaat dari kemitraan ini.

Dengan membuka akses tarik tunai tanpa kartu kepada nasabah Bank DKI, BRI dapat meningkatkan volume transaksi dari penggunaan layanan ATM yang dimiliki.

Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono menyambut baik kolaborasi yang terjalin antara Bank DKI dengan Bank BRI dan Jalin.

"Kerja sama ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bertransaksi kepada nasabah Bank DKI. Melalui fitur CCW yang diakomodasi oleh Jalin pada aplikasi JakOne Mobile, nasabah Bank DKI kini dapat dengan mudah melakukan tarik tunai tanpa kartu pada jaringan ATM Bank BRI di seluruh Indonesia," tutur Amirul.

Baca juga: QRIS BRI bikin transaksi makin mudah, tak perlu cari uang kembalian

Jalin telah menegaskan komitmennya untuk terus memperkuat infrastruktur platform digital untuk memberikan pengalaman transaksi keuangan yang lebih mudah dan aman bagi semua kalangan.

Dengan mengakomodasi layanan CCW dan menjalin kemitraan dengan bank, BPD serta perusahaan fintech, Eko meyakini dapat memperluas jangkauan layanan perbankan secara efektif.

"Komitmen ini tidak hanya mencerminkan kesungguhan kami dalam meningkatkan aksesibilitas layanan keuangan, tetapi juga menjadikan Jalin sebagai pemain utama dalam mendorong digitalisasi layanan perbankan di seluruh Indonesia," pungkasnya.

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024