Ketika terjadi lonjakan, sudah diantisipasi dengan tabungan dari Integrated Terminal Balongan.
Cirebon (ANTARA) -
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit VI Balongan menjamin stok bahan bakar minyak (BBM) aman dan mencukupi untuk wilayah DKI Jakarta serta Jawa Barat selama Lebaran 2024, dengan kapasitas produksi mencapai 150 ribu barel per hari.
 
“Daerah yang disuplai untuk kebutuhan wilayah Jawa Barat, sedikit Jawa Tengah kemudian DKI Jakarta atau Jabodetabek. Itu menjadi tanggung jawab kami,” kata Area Manager Communication Relation & CSR PT KPI Unit VI Balongan Mohamad Zulkifli, di Cirebon, Jawa Barat, Minggu.
 
Ia menyebutkan dengan kapasitas pengolahan tersebut, Kilang Balongan mampu menghasilkan produk BBM yang nantinya disalurkan melalui Integrated Terminal Balongan. Kemudian didistribusikan ke masing-masing wilayah itu.
 
Adapun produk BBM dari Kilang Balongan, kata dia lagi, meliputi pertalite dengan jumlah 90 ribu-110 ribu barel per hari, pertamax sekitar 70 ribu-80 ribu barel per hari serta pertamax turbo yang kuantitasnya sesuai kebutuhan.
 
“Kapasitas kami yang sekarang naik, dari 125 ribu barel per hari menjadi 150 ribu barel per hari ini sangat menolong sekali untuk kuantitas dari BBM itu sendiri,” ujarnya.
 
Zulkifli mengatakan langkah antisipasi pun sudah dipersiapkan untuk menghadapi adanya peningkatan kebutuhan BBM pada periode Lebaran. Misalnya mengoptimalkan cadangan hasil produksi yang tersedia.
 
“Ketika terjadi lonjakan, sudah diantisipasi dengan tabungan dari Integrated Terminal Balongan. Mereka menyimpan produk-produk berlebih dari kami, yang tidak terserap oleh masyarakat,” katanya pula.
 
Ia mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan BBM, karena jumlah pasokannya aman dan sangat mencukupi untuk kebutuhan warga yang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman saat libur Lebaran.
 
Selain itu, Zulkifli menambahkan Pertamina telah membentuk satuan tugas (satgas) khusus yang menjamin kelancaran dalam pemenuhan kebutuhan BBM bagi masyarakat.
 
“Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, persiapan ini juga rutin untuk menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah. Pertamina secara keseluruhan tetap komitmen untuk melayani kebutuhan BBM bagi masyarakat,” ujar dia lagi.
Baca juga: Kilang Pertamina Balongan pasang PLTS berkapasitas 1,51 MWp
Baca juga: Kilang Pertamina Balongan bantu 25.000 liter air atasi dampak kemarau

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024