Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) mengikutsertakan UMKM binaannya di berbagai pameran Ramadhan 2024 sebagai upaya memperluas akses pasar sekaligus meraih berkah di bulan suci.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, menyatakan bazar di momen spesial Ramadhan menjadi salah satu wujud Pertamina mengenalkan produk UMKM dan memperluas pasar.

Pertamina pun terus berkomitmen untuk memperkuat daya saing dan memberi manfaat nyata bagi para pelaku UMKM.

"Kami mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan bekerja sama dengan UMKM di seluruh Indonesia. Melalui kegiatan seperti ini, kami berharap UMKM lebih terpacu untuk memberikan kualitas produk terbaik bagi konsumennya," ujar Fadjar.

Di Jakarta, pada pekan lalu, Pertamina menggandeng UMKM untuk tiga gelaran bazar Ramadhan yakni di kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan Pertamina.

Pada Bazar Sobat di Kementerian ESDM, sebanyak delapan UMKM binaan Pertamina yakni Bagore, Batino's Pastry, Alika Batik, Prabu by Yangke, Sambal Nyonya, Arcisu by Monalisa Collection, Riya Butik, serta Shokha, bersemangat mengenalkan beragam produk-produknya ke konsumen.

Kegiatan yang berlangsung pada 26-28 Maret 2024 itu banyak didatangi pengunjung.

"Kami berharap bazar bisa menjadi sarana untuk mendorong produk UMKM agar dapat bersaing secara global, sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi," ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana dalam sambutannya saat membuka bazar.

UMKM-UMKM Pertamina juga mengikuti pameran di gedung Grha Pertamina, Jakarta.

Aneka produk kuliner, fesyen, dan perlengkapan ibadah dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri, sebagai upaya mendongkrak penjualan.

Salah satu UMKM asal Indramayu, Bagore dengan produk bawang goreng kemasan, mengaku sejak diikutsertakan pameran oleh Pertamina, mendapat banyak pelanggan baru.

Banyak konsumen yang repeat order dengan membeli secara online, baik melalui marketplace maupun WhatsApp.

"Bawang goreng yang kami produksi berasal dari bahan baku bawang jenis sumenep dengan kualitas baik dan diolah dengan banyak varian rasa seperti original, terasi, cumi asin, jeruk purut, rebon, dan teri. Selama ini, kami menjual secara online, namun sejak sering diajak Pertamina pameran, pelanggan kami bertambah banyak dan pemasaran semakin luas," kata Sunadi, pemilik Bagore.

Selain pameran secara offline, Pertamina juga menyediakan akses belanja online praktis melalui smexpo.pertamina.com.

"Melalui marketplace ini, masyarakat lebih mudah untuk menjelajah produk UMKM, serta tersedia paket khusus Lebaran," jelas Fadjar.

Baca juga: Pertamina dukung pengembangan UMKM melalui hibah teknologi
Baca juga: UMKM binaan Pertamina raih transaksi Rp4,2 miliar di Inacraft 2024
Baca juga: Pertamina hadirkan 29 UMKM unggulan di ajang Inacraft 2024

 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024