Banda Aceh (ANTARA) - Tim Basarnas mengevakuasi tiga mayat tanpa identitas di perairan Kepulauan Pulo Aceh, Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga SAR Basarnas Banda Aceh M Fathur Rachman di Banda Aceh, Minggu, mengatakan tiga mayat tanpa identitas tersebut terdiri atas dua laki-laki dan satu perempuan.

"Evakuasi korban berlangsung dalam dua hari terakhir. Usia korban berkisar 35 hingga 40 tahun. Ketiga korban ditemukan terapung di perairan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar," katanya.

Baca juga: Basarnas temukan korban kecelakaan perahu ketek di Sungai Sugihan

M Fathur Rachman menyebutkan proses evakuasi berawal ketika nelayan menemukan mayat mengapung di dua titik. Titik pertama di perairan dekat Gampong Pasi Janeng dan titik kedua di perairan Pantai Lambaro.

Penemuan mayat mengapung tersebut, kata dia, dilaporkan ke Polsek Pulo Aceh, Polres Aceh Besar. Selanjutnya, pihak Polsek Pulo Aceh menginformasikan ke Basarnas meminta bantuan proses evakuasi.

Selanjutnya, tim Basarnas memberangkatkan tim evakuasi menggunakan perahu RIB atau sea rider dari Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh. Titik evakuasi berjarak 12 nautikal mil.

"Dua jenazah laki-laki dievakuasi pada Minggu (31/3) dan satu jenazah perempuan dievakuasi pada Sabtu (30/3). Ketiga jenazah tersebut dievakuasi ke Pelabuhan Ulee Lheue dan selanjutnya dibawa ke RSUD Zainoel Abidin, Kota Banda Aceh," katanya.

Baca juga: Basarnas Trenggalek temukan korban tenggelam di Sungai Bengawan Madiun

M Fathur Rachman menyebutkan cuaca saat evakuasi berawan dengan kecepatan angin mencapai delapan knot. Sedangkan ketinggian gelombang berkisar 0,5 hingga 1,5 meter.

"Selain personel Basarnas, tim yang terlibat dalam evakuasi tersebut di antaranya personel Polri, PMI Banda Aceh, komunitas radio, dan nelayan. Dengan selesainya evakuasi, maka operasi SAR ditutup dan personel yang terlibat dikembalikan ke satuan masing-masing," ujarnya.

Sebelumnya, tim Basarnas juga mengevakuasi mayat perempuan tanpa identitas dengan usia diperkirakan 15 tahun di perairan Pulo Aceh, Jumat (29/3).

Selain di perairan Pulo Aceh, tim SAR juga mengevakuasi mayat perempuan tanpa identitas dengan usia diperkirakan 40 tahun di perairan Pulau Weh, Kota Sabang, pada Jumat (29/3) malam.

Baca juga: Basarnas Cianjur temukan jasad santri terbawa arus sungai

Belum didapat informasi resmi dari mana mayat tanpa identitas tersebut. Diduga, mayat tanpa identitas yang dievakuasi tersebut imigran etnis Rohingya, yang kapalnya karam di perairan Kabupaten Aceh Barat beberapa waktu lalu.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024