Makassar (ANTARA) - Kementerian Kesehatan menugaskan empat orang tenaga kesehatan di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, dalam program Nusantara Sehat.

Wakil Bupati Selayar Saiful Arif melalui keterangannya diterima di Makassar, Ahad, mengatakan empat orang tenaga kesehatan (nakes) itu semuanya perempuan.

"Kabupaten Kepulauan Selayar salah satu kabupaten yang wilayahnya banyak tersebar di gugusan pulau-pulau berpenghuni. Dengan adanya program Nusantara Sehat Kemenkes ini akan sangat membantu masyarakat," ujarnya.

Empat orang nakes itu diantar langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Selayar dr H Husaini dan diterima Wakil Bupati Selayar Saiful Arif.

Baca juga: Wamenkes: 2.200 lebih beasiswa untuk penuhi kebutuhan nakes

Pada proses penugasan itu, empat nakes tersebut terikat dengan dinas selama dua tahun dimulai Maret 2024 hingga Maret 2026.

Untuk penempatannya telah disesuaikan yakni dokter gigi (drg) Khusnul Wahyuni Ramdani ditempatkan di Puskesmas Pasilambena dan drg Suzan Sri Wahyuni ditugaskan di Puskesmas Benteng Jampea.

Sedangkan dua nakes lainnya, yakni Ahli Teknologi Laboratorium Medik Nur Sujiana ditempatkan di Puskesmas Bontosikuyu dan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Fadilah Uzuluddin ditempatkan di Puskesmas Barugaia.

Kepala Dinas Kesehatan Selayar dr H Husaini dalam penjelasan dan arahannya menyatakan bahwa program penugasan khusus individu dari Kementerian Kesehatan yang menempatkan tenaga kesehatan di seluruh pelosok negeri yang diutamakan di daerah terpencil perbatasan kepulauan (DTPK).

Baca juga: Kemenkes: Program pemerataan nakes disertai perlindungan keselamatan

"Kabupaten Kepulauan Selayar berdasarkan penilaian dari Kemenkes masuk dalam daftar DTPK," ujarnya.

Menurut dia, program Nusantara Sehat Kemenkes itu sangat membantu pemerintah kabupaten karena bertujuan mengisi kekosongan nakes pada sembilan jenis nakes wajib di puskesmas.

"Dengan melihat data secara online melalui data Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SI-SDMK) yang setiap saat di-update oleh puskesmas, maka nakes yang ditempatkan sesuai dengan permintaan," katanya.

Wabup Saiful Arif menyatakan rasa syukur, gembira, dan terima kasih karena kedatangan dua dokter gigi dan dua analis laboratorium tersebut.

Baca juga: Kemenkes tingkatkan peran Poltekkes untuk percepat pemenuhan nakes

"Empat tenaga kesehatan itu membantu meningkatkan pelayanan pemerintah di bidang kesehatan yang juga menjadi indikator utama dalam penilaian indeks pembangunan manusia (IPM)," katanya.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024