Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah provinsi dan kota besar di Indonesia berpotensi diguyur hujan mulai dari intensitas ringan hingga lebat pada Senin.

Peringatan dini cuaca BMKG yang dikutip ANTARA dari laman resminya di Jakarta, Senin, menyebutkan potensi hujan lebat turun di sejumlah titik di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu , Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Banten.

Hujan lebat juga diprakirakan turun di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sementara itu, BMKG memprakirakan hujan dengan intensitas lebih ringan berpotensi terjadi di Sumatera Barat, Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan serta Sulawesi Selatan.

Secara khusus, hujan lebat dapat terjadi di sejumlah kota besar pada hari pertama April ini, termasuk di Kota Bengkulu, Yogyakarta, Gorontalo, Bandung, Pontianak, Samarinda, Bandar Lampung, Kupang, Pekanbaru, Manado dan Padang.

Menurut BMKG, hujan berintensitas ringan dapat terjadi di Denpasar, Serang, Jambi, Banjarmasin, Palangkaraya, Tarakan, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Mataram, Jayapura, Manokwari, Mamuju, Makassar, Palembang, dan Medan.

Di wilayah Jakarta, hujan ringan berpotensi turun di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan pada siang dan malam hari sedangkan Jakarta Timur diperkirakan mengalami hujan pada pagi dan siang hari.

BMKG juga mengingatkan sejumlah provinsi berpotensi masuk dalam kategori waspada dampak hujan lebat seperti banjir, termasuk wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Selanjutnya wilayah D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Baca juga: Stasiun Meteorologi Komodo: Waspadai musim pancaroba
Baca juga: BMKG prakirakan sebagian besar wilayah hujan ringan pada Minggu


Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2024