Lima berita pilihan ekonomi yang dipublikasi Minggu (31/3) kemarin masih menarik untuk dibaca pada hari ini, Senin.
Jakarta (ANTARA) - Lima berita pilihan ekonomi yang dipublikasi Minggu (31/3) kemarin masih menarik untuk dibaca pada hari ini, Senin. Mulai dari restrukturisasi kredit pada masa COVID-19, persiapan angkutan mudik, penyerahan kapal rampasan, serta penetapan pertambangan rakyat.

Berikut beritanya:

OJK umumkan restrukturisasi kredit COVID-19 berakhir

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan bahwa kebijakan stimulus restrukturisasi kredit perbankan untuk dampak COVID-19 berakhir pada 31 Maret 2024.

"Berakhirnya kebijakan tersebut konsisten dengan pencabutan status pandemi COVID-19 oleh pemerintah pada Juni 2023, serta mempertimbangkan perekonomian Indonesia yang telah pulih dari dampak pandemi, termasuk kondisi sektor riil," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar di Jakarta, Minggu.

Baca berita selengkapnya

KAI Daop 1 Jakarta menyediakan 1.677 kereta api untuk angkutan mudik

Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menyampaikan bahwa pihaknya menyediakan 1.677 kereta api, termasuk untuk keberangkatan reguler dan tambahan, sebagai angkutan mudik untuk mendukung kelancaran perjalanan selama periode Lebaran 2024.

"KAI Daop 1 Jakarta sudah mempersiapkan 1.677 kereta api, termasuk kereta api tambahan, selama periode mudik Lebaran dengan jumlah 76 kereta api per harinya,” ujar Ixfan Hendriwintoko, di Jakarta, Minggu.

Baca berita selengkapnya

Menteri Trenggono menyerahkan kapal rampasan ke nelayan Banyuwangi

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyerahkan dua kapal ikan asing yang berasal dari barang rampasan negara kepada kelompok usaha bersama nelayan dan atau koperasi perikanan di Banyuwangi, Jawa Timur untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan.

"Mudah-mudahan kapal ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya agar tangkapan nelayan menjadi lebih baik, dan mereka bisa menangkap lebih jauh, tidak lagi one day fishing seperti saat ini," ujar Trenggono dalam siaran pers yang diterima, di Jakarta, Minggu

Baca berita selengkapnya

OJK: Stimulus restrukturisasi kredit COVID-19 mencapai Rp830,2 triliun

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penggunaan stimulus restrukturisasi kredit COViD-19 mencapai Rp830,2 triliun sejak kebijakan tersebut direalisasikan pada 2020 hingga berakhir pada 31 Maret 2024.

"Selama empat tahun implementasi, pemanfaatan stimulus restrukturisasi kredit ini telah mencapai Rp830,2 triliun, yang diberikan kepada 6,68 juta debitur pada Oktober 2020, yang merupakan angka tertinggi sepanjang sejarah Indonesia," kata Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae, di Jakarta, Minggu.

Baca berita selengkapnya

Kementerian ESDM menetapkan 1.215 wilayah pertambangan rakyat

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Plt Dirjen Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Suswantono mengatakan bahwa pemerintah telah menetapkan sebanyak 1.215 Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) secara nasional.

"Secara nasional, WPR yang telah ditetapkan sebanyak 1.215 WPR, dengan total luas wilayah seluas 66.593,18 hektare," ujar Bambang dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca berita selengkapnya

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024