Beijing (ANTARA) - Indeks manajer pembelian (purchasing managers' index/PMI) untuk sektor nonmanufaktur China berada di angka 53 pada Maret 2024, naik dari 51,4 pada Februari lalu, kata Biro Statistik Nasional (National Bureau of Statistics/NBS) China pada Minggu (31/3).

Angka di atas 50 mengindikasikan pertumbuhan, sementara angka di bawahnya mencerminkan kontraksi.

Pertumbuhan terbaru ini memperpanjang tren kenaikan yang ditunjukkan oleh PMI nonmanufaktur pada bulan-bulan sebelumnya, menambah bukti yang mengonfirmasi bahwa aktivitas bisnis di sektor nonmanufaktur China terus menguat.

Subindeks untuk sektor jasa berada di angka 52,4 pada Maret, naik dari 51 pada Februari dan meningkat selama tiga bulan berturut-turut, tunjuk data tersebut.

Berbagai layanan yang berkaitan dengan produksi perusahaan, seperti surat, transmisi satelit, dan keuangan, mengalami pertumbuhan pesat pada Maret, sementara sektor grosir, transportasi kereta, dan layanan penyewaan, semuanya mencatat peningkatan pada level yang berbeda-beda.

Level aktivitas di sektor konstruksi juga meningkat, seiring proyek-proyek terkait di seluruh China mempercepat aktivitas pembangunannya setelah liburan Festival Musim Semi atau Tahun Baru Imlek, menurut pakar statistik senior NBS Zhao Qinghe.

Sementara itu, subindeks untuk sektor konstruksi menyentuh angka 56,2 pada Maret, naik dari 53,5 pada sebelumnya. Angka untuk ekspektasi bisnis sektor konstruksi naik menjadi 59,2 pada Maret, mengindikasikan meningkatnya keyakinan perusahaan-perusahaan konstruksi terhadap perkembangan terkini dalam industri tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024