Pasar murah komoditas peternakan tersebut akan dilaksanakan pada pekan pertama, yaitu pada 3-4 April.
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Lampung segera melaksanakan pasar murah komoditas peternakan pada 3 April 2024 untuk membantu menjaga stabilitas harga komoditas peternakan menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Dalam waktu dekat akan digelar kegiatan pasar murah komoditas peternakan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri yang dilaksanakan di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung," ujar Kepala Disnakeswan Provinsi Lampung Lili Mawarti, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan pasar murah komoditas peternakan tersebut akan dilaksanakan pada pekan pertama, yaitu pada 3-4 April.

"Dalam kegiatan pasar murah tersebut akan dijual pula komoditas telur dengan harga terjangkau bekerjasama dengan Koperasi Pinsar Petelur Nasional Lampung Sejahtera," katanya lagi.

Dia menjelaskan kerja sama dengan PPN Lampung Sejahtera itu diharapkan dapat membantu menyediakan komoditas telur dengan harga di bawah harga pasar bagi masyarakat menjelang Idul Fitri.

"Untuk jumlah dan harga penjualan komoditas peternakan masih dihitung, akan tetapi dipastikan akan jauh lebih murah dari pada harga di pasaran," ujar dia lagi.

Ia melanjutkan pasar murah komoditas peternakan itu dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi konsumsinya, salah satunya untuk komoditas telur yang beberapa waktu ini mengalami fluktuasi harga. 

"Selain telur nanti akan dijual juga komoditas peternakan lain, seperti ayam ras, daging sapi, serta produk olahan peternakan," katanya pula.

Menurut dia, pelaksanaan pasar murah komoditas peternakan itu akan dilengkapi juga dengan komoditas lainnya bekerjasama dengan dinas terkait lainnya.

"Tahun sebelumnya menjelang Idul Fitri, kami melaksanakan bazar produk peternakan di halaman kantor, dan tahun ini akan dilaksanakan bersamaan dengan OPD lainnya, sehingga akan lebih banyak jenis kebutuhan pokok yang dijual untuk membantu masyarakat. Seperti telur, cabai, bawang, minyak goreng, beras dan kebutuhan lain dengan harga lebih murah," ujar dia lagi.
Baca juga: Telur dan cabai murah ada di lima pasar ini
Baca juga: ID FOOD sebut kenaikan harga telur diatasi dengan pasar murah

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024