Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) dan Gangwon State University, Korea Selatan, menandatangani memorandum of understanding (MoU) di bidang pendidikan, penelitian, dan pelatihan.

Penandatanganan MoU diwakili oleh Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI Prof Dr Dedi Priadi dan President of Gangwon State University, Kim Kwang-Rae.

"Kolaborasi ini akan menjadi kerja sama jangka panjang mengingat UI berkomitmen pada perluasan kerja sama global," kata Prof Dedi Priadi di Depok, Senin.

Baca juga: UI perluas kerja sama dengan Universitas di Chile

Kerja sama UI dan Gangwon State University akan mencakup tiga hal, yakni pertukaran mahasiswa, kolaborasi riset, serta pelatihan tenaga kerja.

"UI sebagai World Class University terus memastikan adanya perluasan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Gangwon State University," ujarnya.

Gangwon State University berlokasi di Kota Gangneung, Provinsi Gangwon, Korea Selatan. Tidak seperti kebanyakan perguruan tinggi negeri di Korea Selatan, perguruan tinggi ini dikelola langsung oleh Pemerintah Provinsi Gangwon-do. Universitas ini juga terkenal sebagai lembaga penelitian dan pendidikan dengan fasilitas modern.

Kim Kwang-Rae mengatakan bahwa sebagai satu-satunya universitas negeri di daerah tersebut, Gangwon State University memiliki tanggung jawab untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas guna mendukung kemajuan industri, khususnya di Kota Gangneung dan sekitarnya.

Hal ini karena Gangwon merupakan salah satu provinsi yang memiliki posisi sentral dalam perkembangan industri di Korea Selatan, termasuk dalam penyediaan lapangan kerja bagi pekerja maupun mahasiswa yang ingin mengambil pekerjaan sampingan.

Ia menyebut bahwa saat ini Gangwon State University sedang merencanakan kursus gratis bertema budaya bagi mahasiswa internasional. Hal ini menjadi semakin menarik karena UI dan Gangwon State University memiliki tujuan yang sama dalam mempromosikan budaya masing-masing negara.

"Global Gangwon Culture akan segera dibuka dalam waktu dekat sebagai upaya memperluas pemahaman dan penerimaan terhadap budaya kami," kata Kwang-Rae.

Baca juga: UI dan Kedutaan Besar India jajaki kerja sama belajar ke ke India

Baca juga: UI dan Nigeria menjajaki kerja sama tangani kebutaan akibat Glaukoma


Global Gangwon Culture dirancang agar bisa diikuti oleh mahasiswa internasional, khususnya yang memiliki latar belakang Program Studi Korea.

UI sejak tahun 2006, memiliki Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Korea, sehingga menurut pihak Gangwon, mahasiswa UI memiliki kesempatan yang besar untuk berpartisipasi pada program ini.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024