AsiaNet 54871

TOKYO, 1 November 2013 (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) -- NTT Communications Corporation (NTT Com), perusahaan penyedia layanan komunikasi internasional dan solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang bernaung di bawah NTT (NYSE: NTT), pekan ini mengumumkan peluncuran layanan pendidikan berbahasa Jepang berbasis awan, "Visual Learning .Japanese," yang dikembangkan bersama dengan Shinjuku Japanese Language Institute (SNG).

  (Foto: http://prw.kyodonews.jp/opn/release/201311015952/)

Visual Learning .Japanese (VLJ) adalah layanan inovatif yang didasari atas metode pengajaran bahasa Jepang efektif yang dirancang oleh Kepala SNG Takahide Ezoe. Metode yang dikembangkan selama bertahun-tahun oleh Ezoe ini berfokus pada visualisasi dan strukturisasi tata bahasa Jepang melalui media kartu dan gestur asli, dan membentuk inti materi pendidikan elektronik NTT Com yang berbasis awan.

Pada tanggal 29 Oktober, SNG meluncurkan metode "pembelajaran terpadu", yang menggabungkan metode VLJ (secara daring/online) dan mata pelajaran umum (secara luring/offline). NTT Com dan SNG akan bersama-sama mempromosikan VLJ dan metode pembelajaran terpadu ke berbagai lembaga pendidikan, baik di dalam dan luar
Jepang.

1. Latar belakang
Dalam beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan Jepang yang memperluas bisnis mereka ke seluruh dunia, khususnya ke Asia Tenggara. Tahun lalu, jumlah karyawan non-Jepang yang bekerja di perusahaan Jepang mencapai 5,23 juta (naik 4,7% dari tahun lalu) menurut data yang diperoleh oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang. Di satu sisi, semakin tingginya keinginan perusahaan Jepang untuk merekrut karyawan non-Jepang tentunya meningkatkan permintaan akan pendidikan bahasa Jepang. Di sisi lain, menurut Japan Foundation, terdapat permasalahan di dalam metode pengajaran bahasa Jepang, sementara banyak sekolah
pendidikan bahasa Jepang di Jepang dan luar Jepang tengah menghadapi kesulitan dalam memperoleh materi dan fasilitas pendidikan, belum lagi ditambah dengan metode pengajaran yang tidak efektif. Guna mengatasi hal ini, SNG, yang telah dikenal akan efektifitas metode pengajarannya, dan NTT Com, dengan beragam layanan TIK globalnya, bekerjasama mengembangkan layanan pendidikan bahasa Jepang berbasis awan yang inovatif dan efektif.  

2. Manfaat Menggunakan VLJ
(1) Visual Learning .Japanese, yang digunakan di platform tablet, pc, dan ponsel pintar, adalah platform pendidikan elektronik berbasis metode pengajaranSNG yang dilengkapi dengan kartu tata bahasa, tabel tata bahasa yang relevan, dan gestur. Metode ini, yang menggunakan media kartu yang merepresentasikan kata-kata dan perintah-perintah dalam satu kalimat,  memungkinkan para siswa lebih mudah menyerap dan memahami tata bahasa Jepang. Selain itu, siswa juga dapat lebih mendalami pemahaman mereka melalui gestur-gestur terkait yang mengilustrasikan, sebagai contoh, konjugasi dan ungkapan rasa hormat, dengan bantuan instruktur. Di saat metode pendidikan berbasis media cetak masih sulit dipahami, aplikasi ponsel pintar dan klip interaktif (dengan terjemahan bahasa Inggris) yang dikembangkan oleh Bapak Ezoe memungkinkan siswa dapat lebih fleksibel dalam belajar.

(2) Metode "pembelajaran terpadu" mengkombinasikan berbagai aspek positif dari sistem pembelajaran daring dan luring. Visual Learning .Japanese dirancang untuk menstimulasikan metode pembelajaran terpadu swakelola yang efektif dengan mengkombinasikan pertanyaan (secara online) dengan pemahaman tata bahasa, dan respon/jawaban (secara luring) melalui pelatihan dengan metode pelatihan dan bermain peran. Metode pembelajaran terpadu memungkinkan para siswa mempelajari tata bahasa dan  kosa kata melalui aplikasi ponsel pintar atau pc, dan mengaplikasikan sistem pembelajaran terapan yang lebih menantang ke dalam ruang kelas.

(3) Layanan awan dapat dimanfaatkan untuk membentuk kondisi belajar yang efisien, di mana sesi-sesi pembelajaran dapat direkam/disimpan pada sistem awan, sehingga siswa kini dapat belajar dengan mudah dan menyenangkan melalui komputer mereka di rumah atau bahkan melalui ponsel pintar mereka. Guru dapat dengan mudah memantau kemajuan siswa yang direkam di sistem awan, sehingga mewujudkan aktivitas belajar-mengajar yang sangat efektif dan efisien. Layanan ini juga memungkinkan konten pendidikan terbaru disampaikan kepada para siswa dengan cepat.

3. Layanan-layanan awal

Program               Konten       Detail                                          Tanggal

                                                             
VLJ tingkat          Dasar-dasar     Layanan multi perangkat            29 Okt 2013

pemula (*1)       bahasa Jepang        berbasis awan termasuk  

           yang dilengkapi      96 pelajaran penjelasan

       dengan Layanan     tata bahasa, percakapan

       Awan       dengan tabel tata bahasa

                 Dan klip video/ kuis

                  memantau kemajuan
                                                 
         Aplikasi      Aplikasi ponsel pintar & tablet              29 Okt 2013

         Kosa kata (*2)               termasuk 1400 kosakata/konjugasi   

                                                                      Kata kerja/ungkapan rasa

                                                                     hormat/Pelafalan/dan fungsi-fungsi

                                                                     lainnya             
                            
                              Aplikasi tata                  Aplikasi-aplikasi termasuk                      Diperkirakan

                               Bahasa (*2)                  800 kuis tata  bahasa/                             Januari 2014

                                                                       fungsi pembelajaran                           

                                                                       Dengan interaksi sentuh dan

                                                                       geser Yang kompatibel dengan ponsel

* Perkiraan Peluncuran program peralihan dan bisnis tambahan

4. Pengembangan Layanan Mendatang
NTT Com dan SNG akan berkonsentrasi untuk memasarkan program pembelajaran terpadu ke berbagai sekolah bahasa Jepang di Jepang pada tahun ini. Mulai tahun 2014, program peralihan dan bisnis akan ditambahkan ke dalam layanan-layanan pada program pembelajaran terpadu, yang nantinya akan dipasarkan ke pasar-pasar lain seperti Taiwan dan Hong Kong. Selain itu, program ini juga akan dipasarkan ke perusahaan dan pengajar Jepang di luar negeri.

*1 Tingkat pemula mencakup pemahaman dasar-dasar tata bahasa dan kemampuan untuk melakukan perkenalan serta dasar kosa kata yang mencukupi.

*2 Kompatibel dengan platform iOS (contoh iPhone dan iPad) dan Android

Sekilas tentang NTT Communication Corporation
NTT Communications menyediakan jasa konsultasi, arsitektur, keamanan dan awan untuk mengoptimalkan lingkungan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) perusahaan. Penawaran ini didukung oleh infrastruktur perusahaan di seluruh dunia, termasuk jaringan IP global tingkat satu, jaringan VPN Arcstar Universal One (TM) yang menjangkau lebih dari 160 negara, dan lebih dari 150 pusat data. NTT Communications memanfaatkan sumber daya global perusahaan NTT Group, termasuk Dimension Data, NTT DoCoMo dan NTT DATA.     
www.ntt.com | www.twitter.com/nttcom | www.facebook.com/nttcomtv | http://www.linkedin.com/company/ntt-communications
    

Sumber: NTT Communications Corporation

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013