Pemkot Jaksel akan terus mengawasi ketersediaan bahan pangan agar tidak terjadi kelangkaan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) memastikan stok bahan pokok aman meskipun ada lonjakan harga terutama beras premium, daging ayam, dan daging sapi menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Ketersediaan aman dan harga relatif stabil, tidak terlalu naik," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Pemkot Jaksel Mukhlisin di Jakarta, Senin, ketika melaksanakan sidak di Pasar Santa.

Ia mengatakan kebutuhan pokok di wilayah tersebut dipastikan aman dan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan puasa hingga Idul Fitri 1445 Hijriah.

Menurut dia kenaikan harga kebutuhan pokok memang terjadi ketika menjelang bulan Ramadhan, pertengahan bulan Ramadhan, dan mendekati hari raya, karena permintaan melonjak.

Meskipun demikian kata Mukhlisin, nantinya harga akan kembali normal setelah Lebaran, untuk itu Pemkot Jaksel akan terus mengawasi ketersediaan bahan pangan agar tidak terjadi kelangkaan.

"Harga beras, ayam, daging sapi itu naik. Bahkan ayam potong naiknya mencapai Rp20 ribu per ekor dari sebelumnya Rp30 ribu, menjadi Rp50 ribu. Daging sapi juga naik Rp20 ribu sampai Rp35 ribu per  kilogram," katanya.

Sementara itu, pedagang daging sapi di Pasar Santa Eman mengatakan  harga daging sapi memang sudah naik dari sebelum bulan Ramadhan, dan hingga saat ini kenaikan sudah mencapai Rp20 ribu per kilogram.

Menurut dia, kenaikan akan kembali terjadi seiring mendekati masuk perayaan Idul Fitri, bahkan per kilogram daging sapi yang biasa di jual Rp120 ribu, nantinya bisa berkisar Rp160 ribu.

"Meskipun naik tapi pembeli juga tetap banyak, pada bulan Ramadhan ini ada kenaikan penjualan dari hari biasa," katanya.

Eman menambahkan, pada hari biasa dapat menjual daging sapi di kisaran 30-50 kilogram sedangkan pada bulan Ramadhan ini penjualan bisa mencapai 70-100 kilogram.
Baca juga: BBPOM DKI telusuri temuan bahan pangan berformalin di Pasar Santa
Baca juga: Pemkot Jakpus temukan zat berbahaya saat sidak pengawasan pangan
Baca juga: Pasar Jaya gelar tebus paket pangan murah untuk warga Kepulauan Seribu

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024