Diprediksi tingkat pemesanan untuk keberangkatan arus mudik meningkat, setelah saya konfirmasi ke loket bus itu mulai dari tanggal 5 sudah full
Banda Aceh (ANTARA) - Pengelola Terminal Tipe A Banda Aceh menyebutkan tiket bus dari Terminal Bus Banda Aceh menuju Medan, Sumatera Utara, untuk keberangkatan mulai 5 hingga 9 April 2024 (mulai H-5) sudah habis dipesan calon pemudik.

"Diprediksi tingkat pemesanan untuk keberangkatan arus mudik meningkat, setelah saya konfirmasi ke loket bus itu mulai dari tanggal 5 sudah full," kata Kepala Terminal Tipe A Banda Aceh, Heriyanto di Banda Aceh, Senin.

Ia menyampaikan untuk sementara ini belum terjadi lonjakan jumlah penumpang mudik, hampir sama seperti hari biasanya. Hanya saja untuk tiket bus keberangkatan H-5 Lebaran 2024 sudah terisi.

Menurut dia, semua bus yang mengangkut penumpang mudik Idul Fitri tersebut sudah dipastikan layak jalan. Karena sebelum berangkat telah dilakukan pengecekan kendaraan.

"Pengecekan kita lakukan sore untuk keberangkatan malam. Itu kita Ramp check setelah mereka masuk ke terminal. Jadi yang berangkat itu sudah layak jalan," ujar Heriyanto.

Baca juga: Jokowi resmikan tiga terminal bus antisipasi lonjakan penumpang Nataru

Sementara itu, Petugas Loket Bus PMTOH di Terminal Tipe A Batoh, Satria, menyampaikan bahwa tingkat pemesanan tiket mudik mulai meningkat, dan untuk keberangkatan 3-8 April sudah hampir terisi semuanya.

Untuk harga tiket sendiri, lanjut dia, tidak terlalu melonjak, di mana masih sesuai dengan standard harga tarif batas atas yakni sekitar Rp230 ribu hingga Rp250 per orang (tujuan Medan).

"Itu rata-rata yang memesan mahasiswa dan pekerja lepas. Kebanyakan pulang ke Medan," ujar Satria.

Hal senada juga disampaikan karyawan loket bus Harapan Indah, Ridwan alias Pakcik menuturkan bahwa di tempat mereka juga sudah full booking untuk H-5 Idul Fitri dengan tujuan Medan.

Di perusahaan ini, mereka juga memiliki satu bus ekstra, artinya bus tambahan jika banyak calon penumpang yang memesan.

"Kalau sampai tanggal 9 sudah dibooking. Bahkan ada yang pesan sejak bulan Februari. Kita juga ada buka untuk yang ekstra," demikian Pakcik.

Baca juga: Penumpang arus balik Idul Adha di terminal Banda Aceh meningkat

Baca juga: Terminal Banda Aceh berangkatkan 5.381 penumpang mudik

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024