Jakarta (ANTARA) - Presiden terpilih Prabowo Subianto mengatakan bahwa pemerintah baru Indonesia bersedia mendorong kerja sama Indonesia-China di bidang perdagangan dan pengentasan kemiskinan dan aktif mendorong sinergi strategi pembangunan negara.

Menurut keterangan tertulis Kedubes China di Jakarta, Senin, presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto menyampaikan hal tersebut saat bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Balai Agung Rakyat di Beijing.

Prabowo mengatakan bahwa pemerintah baru Indonesia juga akan menghormati Kebijakan Satu China, mendorong hubungan kedua negara berkembang untuk semakin komprehensif dan berkualitas tinggi, dan melaksanakan kesepahaman penting pembentukan komunitas senasib sepenanggungan kedua negara.

Dia juga mengatakan bahwa pemerintah baru Indonesia bersedia melanjutkan kebijakan bersahabat Presiden Joko Widodo terhadap China serta menjunjung kemerdekaan dan kemandirian kedua negara.

Prabowo mengatakan bahwa pemerintah baru Indonesia bersedia meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan China dalam urusan internasional dan regional dan memberikan kontribusi yang lebih besar untuk kerja sama Selatan-Selatan.

Prabowo juga mengapresiasi hasil yang dicapai rakyat China yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping dan bersedia belajar pengalaman Partai Komunis China serta memperdalam pertukaran pengalaman pengelolaan negara.

Sebelumnya, Jumat (29/3), Pemerintah China mengumumkan bahwa presiden RI terpilih Prabowo Subianto akan melakukan kunjungan ke China pada 31 Maret-2 April.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Lin Jian, dalam siaran pers di situs web Kemlu China mengatakan bahwa kunjungan tersebut dilakukan atas undangan Presiden China Xi Jinping.

Baca juga: Xi bertemu Prabowo di Beijing, puji kepemimpinan Jokowi
Baca juga: Prabowo dijadwalkan bertemu Xi Jinping di China sore ini

 

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024