Jakarta (ANTARA) -
Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan meyakini Polri akan mampu menjamin mudik 2024 berlangsung lancar, aman dan kondusif.
 
"Seluruh jajaran Polri di seluruh Indonesia saat ini sudah siap mengamankan mudik termasuk mengantisipasi kemacetan di jalan raya," kata Edi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.
 
Edi beralasan pemantauan jalur mudik oleh Menteri Koordinator Politik dan Keamanan Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo pada Senin (1/4) mempertegas upaya Polri dalam mengamankan pergerakan 190 juta orang yang diperkirakan akan mudik pada 2024.
 
"Melihat kesiapan jajaran Polri, kami yakin mudik 2024 akan berjalan aman dan lancar walau jumlah pemudik naik dan masyarakat akan dapat merayakan Idul Fitri dengan aman dan nyaman," kata dosen yang juga mengajar di Pascasarjana Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Baca juga: Polisi ingatkan warga lapor ke ketua RT saat rumahnya ditinggal mudik
 
Selain itu, menurut Edi, seluruh Polda di Pulau Jawa telah siap mengamankan mudik, seperti Polda Metro Jaya, Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Timur dan juga Polda Lampung.
 
"Seperti di Polda Banten yang bakal menyiapkan tim khusus untuk memberikan pengawalan terhadap pemudik bersepeda motor yang akan melewati Pelabuhan Ciwandan," katanya.
 
Kemudian untuk yang di Jakarta, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto akan menerapkan kebijakan ganjil genap dan satu arah (one way) mulai Jumat (5/4) di jalur mudik untuk memberikan kelancaran para pemudik.
 
"Bahkan Polda Metro Jaya juga menyelenggarakan mudik gratis kepada masyarakat dengan tujuan mengurangi perjalanan jarah jauh dengan sepeda motor, " kata Edi.

Baca juga: Butuh keahlian khusus untuk ungkap kasus BBM palsu
 
Sebelumnya, Menkopolhukam Hadi Tjahajanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau kesiapan pengamanan jalur mudik mulai dari ruas jalan tol hingga Pelabuhan Merak, Banten, pada Senin (1/4).
 
Menurut Kapolri, kesiapan strategi dan pengecekan jalur sejak dini sangat diperlukan untuk menekan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas saat momentum arus mudik dan balik Lebaran 2024.
 
Untuk pengamanan mudik, Polri menggelar Operasi Ketupat 2024 yang melibatkan 155.165 personel, mendirikan 5.784 pos polisi. Ribuan pos polisi itu akan memberikan pelayanan publik di jalan tol, "rest area", jalur arteri dan objek wisata.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024