Barcelona (ANTARA News) - "Aksiku ini, sekarang mana aksimu?" Pertanyaan itu seakan diajukan oleh Lionel Messi yang disebut-sebut sedang diterpa paceklik gol.

Dan bintang Barcelona itu menjawab kontan keraguan dengan kerja apik, bukan kerja indah di atas kertas.

La Pulga julukan bagi Messi mengukuhkan dominasi Barcelona setelah mengantarkan timnya lolos ke fase knock out Liga Champions, sebagaimana dilansir dari situs Marca.com.

Bermain di depan fans setianya pasukan Blaugrana melumat AC Milan 3-1 di Stadion Camp Nou pada Kamis dini hari WIB.

Messi menjawab keraguan para penggemarnya dengan mencetak dua gol ke gawang Milan yang dijaga Christian Abbiati. Tiga pertandingan sebelumnya melawan Real Madrid, Celta Vigo dan Espanyol tak satu pun gol tercipta dari kaki pemain asal Argentina itu.

Pelatih Barcelona Gerardo Martino menerapkan skema 4-3-3. Barisan depan diisi oleh trio Amerika Selatan Alexis Sanchez, penyerang haus gol Lionel Messi, dan pemain baru asal Brasil Neymar.

Lapangan tengah Barca dikuasai oleh trio Spanyol Xavi Hernandez, Sergio Busquets, dan Andres Iniesta. Di belakang Dani Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano, dan Adriano. Dan mistar gawang dikawal Victor Valdes.

Barcelona dengan karakternya dalam penguasaan bola mendominasi jalannya pertandingan di babak pertama. Awalnya Barcelona disulitkan oleh pertahanan Milan yang berlapis-lapis. Hingga akhirnya stadion riuh pada menit ke-29.

Adalah Messi yang mencetak gol pertama dari titik putih karena Ignazio Abate menjatuhkan Neymar di kotak 16. Messi menendang bola tepat ke tengah gawang Milan, Abbiati terkecoh dan skor berubah 1-0.

Hanya masalah waktu sebelum Barca mengubah skor 2-0. Kreator gol kedua, Xavi Hernandes mengambil tendangan bebas dan disundul oleh Sergio Busquets menit ke-40. Pemain Milan menerapkan jebakan offside, tetapi justru menjadi bumerang karena hakim garis tidak mengibarkan benderanya.

Menjelang turun minum, Pique mencoba menghadang tendangan Kaka, bola terpental dan masuk ke gawang Victor Valdes.

Bermain satu-dua dengan Fabregas, Messi membobol gawang Abbiate pada menit ke-83. Dengan demikian, Messi sudah mencetak 65 gol di gelaran Liga Champions, terpaut 6 gol dengan gol terbanyak sepanjang masa, Raul.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013