Situbondo (ANTARA) - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur Bobby Soemiarsono bersama Bupati Situbondo Karna Suswandi melepas keberangkatan kapal feri mudik gratis perdana dari Pelabuhan Jangkar Situbondo ke Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Selasa.

Pemprov Jatim memfasilitasi mudik dan balik gratis Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah bagi warga Pulau Raas dengan menyediakan satu unit kapal laut, yakni KMP Wicitra Dharma I diberangkatkan dari Pelabuhan Jangkar.

Baca juga: Calon penumpang feri mudik gratis Situbondo-Madura tiba di pelabuhan

"Tentunya program mudik gratis Pemprov Jatim ini untuk membantu meringankan beban masyarakat pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri," kata Bobby Soemiarsono kepada wartawan di Situbondo.

Dia menyebutkan Pemprov Jatim menyediakan satu unit kapal, yakni KMP Wicitra Dharma I untuk mengangkut pemudik secara gratis rute Jangkar-Raas pergi pulang (PP) sebanyak empat trip pada tanggal 2, 4, 6 dan 8 April 2024.

Sedangkan setelah Lebaran, lanjut dia, juga ada tiga kali keberangkatan kapal feri dari Raas ke Jangkar, yakni tanggal 23, 25 dan 27 April 2024.

"Jadi, ada tujuh trip atau tujuh kali keberangkatan (PP) mudik dan balik gratis pada momentum Lebaran tahun ini. Total yang bisa diangkut pemudik 3.500 orang penumpang, dan sepeda motor 2.100 unit," kata Bobby Soemiarsono.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Jatim karena memfasilitasi mudik dan balik gratis bagi pemudik melalui Pelabuhan Jangkar ke Raas.

"Terima kasih kepada Gubernur Jatim, karena program mudik/balik gratis ini menjadi agenda tahunan, tentu ini juga membantu masyarakat Situbondo yang akan mudik ke Raas," tuturnya.

Baca juga: Pemprov Jatim siapkan kapal laut mudik gratis Situbondo-Madura

Baca juga: BPTD mengusulkan kapal feri perbantuan untuk lintasan Situbondo-Madura


Kapasitas muatan KMP Wicitra Dharma I dalam satu kali keberangkatan yakni 250 orang penumpang dan 150 unit sepeda motor.

Dari pantauan, pelepasan keberangkatan kapal feri mudik gratis perdana ini dihadiri pejabat Dinas Perhubungan Jatim, Dinas Perhubungan Situbondo, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang dan lainnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024