Jakarta (ANTARA) - Turnamen BWF Super 1000 Indonesia Open 2024 yang akan digelar pada 4-9 Juni di Istora Senayan Jakarta menjadi ajang penentuan seeding (unggulan) Olimpiade 2024 Paris.

“Kendati point race ke Olympic Paris 2024 sudah berakhir pada akhir April, turnamen Kapal Api Indonesia Open 2024 saya nilai tetap sangat bergengsi dan bakal dibanjiri para pemain bintang untuk datang ke Jakarta,” kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Selain menjadi salah satu turnamen bergengsi tahun ini dan penentuan seeding Olimpiade Paris, ajang ini juga menyediakan hadiah 1,3 juta dolar AS.

“Top committed players sudah pasti turun untuk menghindari denda, juga selain memperebutkan prize money yang menggiurkan dalam jumlah besar, ajang ini bisa dimanfaatkan para pemain sebagai penentuan seeding pada Olimpiade Paris 2024, Juli-Agustus nanti,” kata Ricky.

“Indonesia Open 2024 juga kami yakini akan menjadi test event terakhir untuk mengukur kekuatan satu sama lain sebelum dihelatnya Olimpiade,” ujarnya menambahkan.

Ricky melanjutkan, Indonesia sebagai tuan rumah, tentu akan menerjunkan seluruh kekuatan terbaiknya.

Nama-nama besar seperti tunggal putra Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan sejumlah nama lainnya ia sebut siap berlaga di depan publik sendiri.

Baca juga: PBSI harap Indonesia miliki stadion pertandingan khusus bulu tangkis

“Bicara soal prestasi, momentum keberhasilan Indonesia pada All England lalu dengan raihan dua gelar juara lewat Jonatan di tunggal putra yang mengalahkan Ginting pada all Indonesian final dan Fajar/Rian di ganda putra tentu harus dijaga dan diteruskan di Indonesia Open 2024,” kata Ricky.

“Apalagi ini berlangsung di Istora yang tentu saja para pemain bintang kita bakalan didukung penuh para badminton lovers,” ujarnya menambahkan.

Sementara Chief Marketing Officer PT Kapal Api Group Christeven Mergonoto mengatakan bangga karena bisa kembali menjadi sponsor utama ajang bulu tangkis terakbar di tanah air itu.

“Turnamen bulu tangkis Indonesia Open adalah kompetisi badminton kelas dunia yang sangat spesial,” ujar Christeven.

Sementara itu, penjualan tiket Indonesia Open 2024 akan dijual secara daring pada Jumat (26/4) mulai pukul 13.00 WIB.

Terdapat beberapa kategori yang dijual dengan harga beragam, mulai dari Rp150.000 hingga Rp2.150.000.

Baca juga: BWF beri sanksi berat hingga seumur hidup untuk 8 pemain Indonesia
Baca juga: Sempat mau mundur, Reza bersyukur akhiri Spain Masters dengan juara


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024