Mexico City (ANTARA) - Meksiko mengevakuasi 34 warganya dari Haiti pada Minggu (31/3) di tengah meningkatnya kekerasan di negara Karibia itu.

Dalam pernyataan bersama Kementerian Luar Negeri dan Sekretariat Angkatan Laut Meksiko, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador memerintahkan satu kapal angkatan laut dengan sebuah helikopter untuk memulangkan warga negara Meksiko yang ingin kembali ke Meksiko.

Sebanyak 24 pria dan 10 wanita itu diterbangkan dengan helikopter dari ibu kota Haiti, Port-au-Prince, ke kapal dan bertolak menuju Pelabuhan Progreso di Negara Bagian Yucatan, Meksiko tenggara, untuk kemudian diangkut ke kota-kota tempat tinggal mereka.

Operasi evakuasi ini merupakan respons atas memburuknya situasi keamanan di Haiti yang disebabkan oleh kelompok kejahatan terorganisir dan ditandai dengan kekerasan, kelangkaan makanan dan produk pokok, kelumpuhan ekonomi, dan penutupan layanan publik, demikian menurut pernyataan itu.

Menteri Luar Negeri Meksiko Alicia Barcena mengikuti sebuah pertemuan tingkat tinggi yang diadakan oleh Komunitas Karibia pada 11 Maret di Kingston, Jamaika, untuk mencari solusi terhadap krisis di Haiti. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024