Saya memberikan apresiasi dan terima kasih atas kesediaan rekan-rekan BUJT untuk memberikan diskon tarif tol
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan pemberian diskon tarif tol untuk mendukung masa mudik Lebaran 2024 merupakan inisiasi dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

"Perlu diketahui bahwa diskon tarif adalah inisiasi dari BUJT," ujar Kepala BPJT Miftachul Munir dalam Media Gathering Kementerian PUPR di Jakarta, Selasa.

Munir mengatakan bahwa BUJT yang memberikan diskon tarif, bukan pemerintah yang memaksakan. Dengan demikian Kementerian PUPR hanya mengimbau dan BUJT yang memberikan dukungan untuk menyukseskan masa mudik Lebaran 2024 ini.

"Saya lagi menyiapkan surat Bapak Menteri PUPR untuk persetujuan diskon tarif tol, mudah-mudahan sebelum diberlakukan pada besok pagi (Rabu 3 April) surat tersebut sudah ditandatangani oleh Bapak Menteri PUPR. Jadi kemungkinan spin off dari Hutama Karya yang Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar itu juga akan diberikan diskon tarif 20 persen jadi menerus dari Jakarta sampai Merak, kemudian dari Merak ke Bakauheni lalu sampai Palembang ke Indralaya-Prabumulih itu yang diberikan diskon tarif," katanya.

Baca juga: Pemerintah berikan diskon tarif tol 20 persen saat arus mudik & balik

Baca juga: Pengelola tol: Diskon tarif efektif pecah kepadatan jelang arus mudik


Sedangkan untuk yang ke arah timur, lanjut Munir, dari Gerbang Tol Cikampek Utama sampai dengan Gerbang Tol Kalikangkung di situ ada dua ruas tol yakni Tol Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang yang juga diberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen.

"Saya memberikan apresiasi dan terima kasih atas kesediaan rekan-rekan BUJT untuk memberikan diskon tarif tol," kata Munir.

Sebagai informasi, pemberian diskon tarif tol dimaksudkan untuk membagi beban lalu lintas jalan Mudik Lebaran tahun 2024.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol. Raden Slamet Santoso mengimbau masyarakat yang hendak mudik Lebaran Idul Fitri 1445H/2024 dapat memanfaatkan program diskon tarif tol sebesar 20 persen yang diberlakukan oleh pemerintah di semua jalur tol saat mudik dan balik.

Menurut dia, dengan sosialisasi lebih awal terkait diskon tarif tol ini masyarakat bisa memanfaatkan program tersebut, dan mengatur waktu perjalanan mudik dan balik lebih awal.

Baca juga: Hutama Karya berlakukan diskon tarif Tol Trans Sumatera

Baca juga: Astra Infra berlakukan diskon tarif di tiga ruas tol yang dikelolanya

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024