"Saat ini pembukaan posko nasional termasuk di Bandara Soekarno Hatta untuk posko angkutan Lebaran terpadu dan posko lainnya yang ada di terminal secara resmi sudah dibuka
Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, kembali mengaktifkan posko terpadu pengamanan dan pelayanan penumpang penerbangan mudik Lebaran 2024.

"Saat ini pembukaan posko nasional termasuk di Bandara Soekarno Hatta untuk posko angkutan Lebaran terpadu dan posko lainnya yang ada di terminal secara resmi sudah dibuka," kata EGM KCU PT Angkasa Pura II, Dwi Ananda Wicaksana di Tangerang, Rabu.

Ia mengatakan, untuk di Bandara Soetta sendiri, posko terpadu mudik lebaran tersebut telah aktif per tanggal 03 April atau H-7 sebelum perayaan Idul Fitri hingga sampai 18 April atau H+7 lebaran 2024.

Menurutnya, di dalam posko mudik lebaran itu telah dilengkapi beberapa display atau monitor CCTV yang bisa menampilkan area check in, lalulintas kendaraan, kedatangan dan keberangkatan penumpang.

"Kemudian kita lengkapi juga dengan jadwal penerbangan, ada prediksi trafik. Baik penerbangan maupun penumpang, kita ada tayangan cuaca dan tayangan pergerakan pesawat melalui aplikasi yang berbasis flight radar," ujarnya.

Pengaktifan posko ini, lanjutnya, dimaksudkan untuk menjaga aspek keamanan dan pelayanan bagi para penumpang melalui bandara udara terbesar di Indonesia tersebut.

"Kalau di posko terpadu secara internal kita ada petugas atau tim posko yang sudah ada jadwalnya masing-masing, kemudian kita juga sudah membuat piket karyawan, jadi karyawan administrasi kita piket ditempatkan diberbagai posko atau area untuk membantu layanan petugas di lapangan," katanya.

Ia menuturkan, untuk jumlah petugas secara total yang disiagakan kurang lebih sekitar 7.000 petugas pengamanan dari Bandara Soetta, termasuk bawah kendali operasi (BKO) TNI/Polri.

"Nanti tambahannya adalah personil administrasi yang juga kita tempatkan untuk membantu di pos-pos atau point-point tertentu," ujarnya.

Kemudian, dikatakan dia, untuk kondisi jumlah penumpang melalui Bandara Internasional Soetta diprediksi terjadi lonjakan pada H-4 masa mudik lebaran dengan pergerakan pesawat sebanyak 1.200 dan pergerakan penumpang sampai 188.000.

"Untuk hari ini sebenarnya sudah cukup naik meskipun belum terlalu signifikan, dengan jumlah 987 penerbangan dan 130 ribu penumpang," ungkapnya.

Sementara, untuk ekstra flight internasional saat ini ada 74 penerbangan dan sementara untuk domestik ekstra flight-nya sudah ada sekitar 1.473 penerbangan.

"Arus puncak dibanding tahun lalu lebih tinggi atau 17,5 persen. Arus balik perkiraan terjadi 15 April 2024 atau H+4 dengan jumlah penumpang kurang lebih 192 ribu dan artinya 24 persen lebih tinggi dibanding tahun lalu," kata dia.

Baca juga: AP II operasikan "East Flyover" untuk antisipasi lonjakan kendaraan
Baca juga: AP II uji kesiapan sistem kelistrikan Bandara Soetta

 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024