Wuhan (ANTARA) - Para peneliti menemukan sejumlah besar fosil terumbu karang berumur sekitar 350 juta tahun di wilayah Yunxi, Provinsi Hubei, China tengah, yang mengindikasikan bahwa Pegunungan Qinling di masa lalu merupakan sebuah lautan yang sangat luas.

Fosil-fosil dari 10 lebih spesies karang yang berasal dari Periode Devon, antara 419 juta hingga 359 juta tahun yang lalu, itu berada di area seluas lebih dari 300 kilometer persegi di bagian barat laut wilayah Yunxi.

"Semua temuan ini mengindikasikan bahwa daerah pegunungan barat laut Yunxi merupakan terumbu karang laut pada masa itu," kata Zhao Bi, Direktur Pusat Penelitian Fosil Paleontologi di bawah naungan Akademi Ilmu Geologi Provinsi Hubei.

Periode Devon juga merupakan periode pembentukan terumbu karang yang paling penting di bumi.

Yunxi Daliang, tempat fosil-fosil karang tersebut ditemukan, merupakan salah satu area percabangan penting dari Pegunungan Qinling. Area ini membentang dari timur ke barat antara provinsi Hubei dan Shaanxi, dengan total panjang 60 kilometer, dan merupakan garis pemisah geografis sekaligus iklim antara kedua provinsi tersebut, tutur Zhao. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024