Kami akan melakukan kegiatan rutin, yaitu memonitor kebutuhan, ketersediaan, dan pendistribusian energi, baik untuk sektor BBM, gas, listrik, dan juga antisipasi terhadap kebencanaan geologi
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Erika Retnowati memonitor kebutuhan, ketersediaan, dan distribusi energi selama masa Lebaran melalui Posko Nasional Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Hari Raya Idul Fitri 2024.

“Kami akan melakukan kegiatan rutin, yaitu memonitor kebutuhan, ketersediaan, dan pendistribusian energi, baik untuk sektor BBM, gas, listrik, dan juga antisipasi terhadap kebencanaan geologi,” ujar Erika dalam Pembukaan Posko Nasional Sektor ESDM Periode RAFI (Ramadhan dan Idul Fitri) Tahun 2024 di Gedung BPH Migas, Jakarta, Rabu.

Selaku Ketua Posko Nasional Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Hari Raya Idul Fitri 1445H/2024, Erika menyatakan komitmennya untuk bersama-sama mendukung kelancaran arus mudik dan mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, seperti bencana alam.

Pelaksanaan Posko Nasional ini, kata dia, terhitung mulai 3 April 2024 sampai dengan 19 April 2024, yang bertempat di lantai 4 Gedung BPH Migas.

Adapun dalam pelaksanaan kegiatan Posko Nasional Sektor ESDM tersebut, Erika juga akan bersinergi dengan pemangku kepentingan lainnya, seperti Korlantas Polri terkait dengan adanya rute-rute yang dilakukan pembatasan, atau titik-titik kemacetan.

Selain itu, Erika juga akan bersinergi dengan Kementerian Perhubungan, baik Perhubungan Darat, Laut, maupun Udara terkait dengan peningkatan aktivitas pergerakan orang dengan transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

“Kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika yang terkait dengan prakiraan cuaca untuk mengantisipasi daerah-daerah rawan bencana dan juga cuaca ekstrem,” ucap Erika.

Menurut Erika, peringatan-peringatan yang diberikan oleh BMKG sangatlah penting pada masa mudik ini, dikarenakan kerentanan terjadinya berbagai bencana, seperti banji, longsor, dan lainnya.

“Sehingga pemudik itu bisa memprakirakan daerah-daerah mana yang harus dihindari,” kata Erika.

Baca juga: BPH Migas beri perhatian pasokan BBM di destinasi wisata saat Lebaran
Baca juga: Beri manfaat nyata, BPH Migas terus kawal BBM Satu Harga
Baca juga: BPH Migas jaga pasokan BBM dalam kondisi aman saat Ramadhan-Idul Fitri
Baca juga: BPH Migas dan Ditjen Pajak tanda tangani kerja sama pemanfaatan data

 

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024