Sebelum berangkat, seluruh sopir sudah melakukan proses pemeriksaan kesehatan agar keberangkatan berjalan aman dan lancar
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) memberangkatkan sekitar 4.000 pemudik ke 17 kota tujuan dalam program "Mudik Asyik bersama Pertamina 2024" di Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Rabu.

Pertamina menyediakan 86 unit bus untuk mengangkut para pemudik tersebut.

Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina Persero Erry Sugiharto dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, mengungkapkan mudik bersama telah menjadi program rutin Pertamina.

Program tersebut merupakan salah satu apresiasi Pertamina kepada masyarakat, terutama pengguna loyal produk Pertamina sehingga masyarakat bisa memiliki pengalaman mudik yang nyaman, aman dan menyenangkan dengan Pertamina.

"Kami berupaya menyelenggarakan proses mudik yang aman, nyaman dan menyenangkan. Pada hari ini, Pertamina telah menyiapkan berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk seluruh peserta. Mulai dari ruang laktasi ibu dan anak, mushala, tenda aktivitas untuk anak, para pria dan wanita, hiburan dan buah tangan berupa suvenir yang bermanfaat untuk kebutuhan para pemudik selama di perjalanan," kata Erry

Pertamina juga memastikan seluruh moda transportasi atau bus dikurasi dengan teliti dan mengedepankan aspek kesehatan, keamanan, serta keselamatan tidak hanya dari fisik kendaraannya, namun juga dari sisi kesehatan para sopir.

Baca juga: Pertamina: Kapal BBM terbakar di Marunda tak pengaruhi pasokan

Baca juga: Laba bersih Pertagas 2023 naik 18,2 persen


Seluruh sopir yang beroperasi hari ini, Rabu juga telah melalui proses pemeriksaan kesehatan dari cek alkohol, sampai cek gula darah, tekanan darah hingga kolesterol dan pengisian formulir kesehatan yang dipantau oleh dokter yang kami siapkan.

"Sebelum berangkat, seluruh sopir sudah melakukan proses pemeriksaan kesehatan agar keberangkatan berjalan aman dan lancar," kata dia.

Pertamina juga menyiapkan tim medis yang terdiri atas dokter, perawat hingga ambulans dan obat-obatan sebagai komitmen Pertamina untuk mengedepankan kesehatan dan keselamatan para peserta mudik.

Untuk mudik Lebaran 2024 ini, Pertamina menyediakan 4.000 kursi dengan 17 kota tujuan seperti Cirebon, Tasikmalaya, Garut, Cilacap, Banyumas, Tegal, Pemalang, Kebumen, Purworejo, Semarang, Yogyakarta, Wonogiri, Ngawi, Madiun, Surabaya dan Malang.

Sementara itu, Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan jumlah peserta "Mudik Asyik Bersama Pertamina 2024" mencapai 4.000 pemudik.

Angka itu meningkat hingga 33 persen dibandingkan di 2023, yang saat itu sebanyak 3.000 pemudik. Seluruh pemudik juga mendapatkan asuransi perjalanan dari Asuransi Tugu Mandiri, anak usaha Pertamina.

"Kenaikan jumlah pemudik ini sejalan dengan besarnya apresiasi kami kepada masyarakat Indonesia yang telah mendukung Pertamina selama ini. Kami juga mengimbau kepada para peserta mudik untuk senantiasa menjaga kesehatannya selama perjalanan," ujar Fadjar.

Salah satu pemudik Wastinah (65) mengungkap kebahagiaannya dengan program mudik gratis dari Pertamina. Ini merupakan kali kedua bagi dia mengikuti program "Mudik Asyik bersama Pertamina".

"Alhamdulillah, saya hari ini mau mudik ke Yogyakarta bersama suami, anak, dan cucu saya. Ini kali kedua saya mudik gratis sama Pertamina. Saya suka fasilitas pijatnya, terus temani cucu main dan mewarnai di area bermain. Saya tahu mudik gratis ini lewat Instagram," katanya.

Baca juga: BBM bergerak disiagakan di Tol Solo-Yogyakarta saat libur Lebaran

Baca juga: Pasokan LPG subsidi cukup memenuhi kebutuhan masyarakat Lampung Utara


Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024